Waspada Banjir, Warga Bincau Muara Martapura Bersihkan Sungai

Martapura - Masyarakat Desa Bincau Muara, Kecamatan Martapura, Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan, bersama babinsa melakukan gotong royong untuk membersihkan aliran sungai sebagai upaya mencegah banjir, menyusul meningkatnya intensitas hujan, beberapa hari terakhir.

Kegiatan gotong royong tersebut dihadiri langsung oleh jajaran pemerintah desa, pembakal, Dinas PMD dan juga Babinsa serta Masyarakat, Sabtu (4/9).

Petugas Dinas PMD Kabupaten Banjar Syairozi  menuturkan kegiatan gotong royong ini merupakan program padat karya untuk membersihkan aliran dari sampah yang berhamburan dan tumbuhan liar.

“Ini merupakan wujud kepedulian pemerintah akan kebersihan lingkungan, utamanya lingkungan sungai, dan kegiatan ini mendapatkan respons baik dari jajaran aparat desa,” ungkapnya.

Babinsa Koramil 1006/ Banjar Koptu Sutrisno mengatakan, untuk mengantisipasi terjadinya banjir dan luapan air yang saat ini hujan terus terjadi, maka warga bergotong royong melalui program padat karya membersihkan saluran air.

“Selain itu, kegiatan tersebut juga untuk menjaga dan melestarikan kebersihan lingkungan, juga mengandung maksud lain. Ibarat kata, sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui. Karena, dengan bersihnya area lingkungan serta aliran sungai, akan menimbulkan kesan yang baik pula,” tuturnya

Pembakal Desa Bincau Muara Badarudin mengatakan, warga sangat mendukung pekerjaan padat karya, ini merupakan program pemda Kabupaten Banjar.

“Alhamdulillah, dengan program padat karya ini menjadi sasaran pembersihan sampah, rumput dan lumpur yang menggenangi sungai. Hal ini dilakukan karena aliran sungai tersebut mengalami pendangkalan serta tersendat akibat tumpukan sampah,” ucapnya.

Badarudin berharap program padat karya ini dapat mewujudkan masyarakat yang mandiri dan peduli terhadap lingkungan sekitar.