Pemkab Kubu Raya Serahkan Hibah Bagi Komunitas Olahraga dan Pelaku Seni

Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan menilai, diserahkannya bansos ini sebagai proses penguatan yang terus dilakukan dan menjadi tanggung jawab semua pihak.

"Bagi Pemerintah Kubu Raya hal ini menjadi stimulan dan mendorong dan menggerakkan melalui Disporapar agar langkah-langkahnya bisa membuat semua bisa bergerak, mulai dari organisasi, olahraga, Kepemudaan dan juga pariwisata agar menjadi bagian penting bagi daerah," kata Muda usai menyerahkan bansos di aula kantor Disporapar, Selasa (7/9).

Bupati menuturkan, pemerintah berusaha memfasilitasi sarana dan prasarana dan memberikan hibah yang menjadi dana oprasional yang dinilai masih banyak kekurangan, meski demikian Pemkab Kubu Raya masih bisa menyisihkan anggaran yang ada, mengingat saat ini pemerintah juga masih fokus dalam penanganan pandemi COVID-19.

"Namun demikian, sektor olahragapun memberikan kontribusi dalam memperkuat imunitas, termasuk seni budaya melalui kelompok-kelompok seni budaya lokal seperti Tar, Rebana, kelompok majelis taklim, kasidah, dan kelompok Marawis yang dinilai mampu meningkatkan imunitas," ujarnya.

Bupati menyampaikan, sudah banyak prestasi-prestasi yang diraih oleh para atlet Kubu Raya di bidang sepak bola, voli, badminton, renang, angkat besi, tinju dan lain sebagainya. Termasuk juga pelaku seni dan pariwisatanya.

"Penyerahan bansos ini juga merupakan bagian dari cara kita memberikan apresiasi kepada pelaku olahraga, komunitas seni dan budaya serta pariwisata," ucapnya.

Di tempat yang sama, Kepala Disporapar Kabupaten Kubu Raya Iping Hindrawati mengharapkan agar bantuan ini mampu memberikan motivasi bagi pelaku olahraga, karena kita tahu pada tahun 2022 nanti akan ada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov).

"Kita berharap prestasi atlet Kubu Raya di Porprov bisa membanggakan dan mulai sekarang kita selalu koordinasi bersama teman-teman organisasi olahraga agar pembinaan yang dilakukan lebih ditingkatkan mulai dari sekarang untuk persiapan Porprov 2022," kata Iping Hindrawati.

Iping menjelaskan, olahraga yang diunggulkan pada Porprov nanti yaitu cabang angkat berat dengan terus mengoptimalkan sarana dan prasarana yang ada saat ini karena semangat teman-teman atlet Kubu Raya sudah sangat luar biasa.

"Meski Kubu Raya belum memiliki fasilitas olahraga yang memadai namun semangat para atlet untuk membawa nama Kubu Raya sangat besar. Tentunya kita akan mengoptimalkan tempat-tempat atau gslanggang olahraga yang biasa digunakan untuk tempat latihan mereka," tutupnya.

Adapun penerima hibah tahap IV bagi badan/ lembaga/ organisasi kemasyarakatan tahun anggaran 2021 diantaranya, Komite Olahraga Nasioanal Indonesia (KONI) Rp750 juta, Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Rp75 juta, Nasional Paralympic Committed (NPC) Rp35 juta dan Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI) Rp50 Juta.

Untuk Komunitas Pemuda Membangun Desa (KPMD) berupa sampan kano sebanyak tujuh paket, sedangkan bantuan satu alat musik Tar diberikan kepada kelompok Tar Nurul Sabirin, kelompok Tar Darul Jalal dan kelompok Tar Nurul Hidayatullah. Sementara bantuan satu set alat musik Marawis diberikan kepada Pondok Pesantren Al-Mansyur, kelompok seni marawis Anwaarussofa, kelompok marawis Khairunnisa, majelis taklim Nurul Jannah, majelis taklim Assalam, dan majelis taklim Nur Hidayah.

Selain itu, Pemkab Kubu Raya juga menyerahkan satu set alat musik Rebana kepada 30 majelis taklim diantaranya, majelis taklim An-Nisa Kuala Dua, Ikhya Uddiniyyah, An-Nafisah, Darul Karomah, Al Amin, Al-Qudsiyah, Al-Zahrah, Khairunnisa Kuala Dua, Al-Kautsar Darul Ulum, Hidayah, Nurul Iman, Miftahul Jannah, Qalbi, Nurul Huda, Darusy-Syafa’ah, Al-Maghfirah, Muslimin, Nurul Muslimah, An-Nisa Sungai rengas, Nurul Yaqin, As-Syakirin, Nurul Amin, Nur Hidayah, Imanuddin, Khairunnisa Rengas Kapuas, Jamiul Hikmah, Al-Muhajirin B, Addrunnafis, dan Rahmatul Ilmiyah.

Kegaiatan ini dihadiri Ketua TP PKK Rosalina Muda, Ketua GOW Atzeby Yatulensi, Ketua Dharma Wanita Persatuan Dyah Indah Setyasari, Inspektur Hardito, Kepala Satpol PP Adriansyah dan anggota DPRD Utin Nurvita.