Gradasi-Disdikbud Kubu Raya Ajak Masyarakat 'Kepong Bakol' Tingkatkan Literasi

Kubu Raya - Dewan Pengurus Cabang Generasi Digital Indonesia (DPC Gradasi) Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, bersama Dinas Pendidikan mengajak masyarakat untuk 'kepong bakol' atau gotong royong meningkatkan literasi masyarakat melalui seminar Hari Aksara Internasional (HAI) ke-56 tahun 2021.

"Hari Literasi Internasional atau Hari Aksara Internasional Sedunia ini diperingati setiap tanggal 8 September dan merupakan hari yang diumumkan oleh UNESCO pada 17 November 1965 sebagai peringatan untuk menjaga pentingnya melek huruf bagi setiap manusia, komunitas, dan masyarakat," kata Kepala Bidang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Disdikbud Kabupaten Kubu Raya Asmil Ratna di Sungai Raya, Selasa (7/9).

Dia mengatakan, UNESCO menyebutkan minat baca masyarakat Indonesia hanya 0,001persen. Artinya dari 1.000 orang Indonesia hanya satu orang yang gemar membaca.

"Untuk itu, kami mengajak semua pihak termasuk menggandeng Gradasi Kalbar untuk bersama-sama melaksanakan kegiatan seminar ini, guna meningkatkan minat literasi masyarakat Kubu Raya," tuturnya.

Menurutnya, hal ini sesuai dengan tema seminar HAI ke-56 tahun 2021 di Kubu Raya yaitu 'Kepong Bakol Menanjakkan Literasi Masyarakat di Era Digital Menuju Kubu Raya Terdepan dan Berkualitas'.

"Kami harapkan melalui kegiatan ini kita bisa bersama-sama meningkatkan minat baca masyarakat Kubu Raya," tuturnya.

Dalam seminar tersebut, mantan komisoner KPU Kabupaten Kubu Raya itu menambahkan, pihaknya juga menggandeng Feri Setioko yang menjabats ebagai Kasubbid Penataan Ruang, Lingkungan Hidup dan SDA Bappeda Kubu Raya, untuk menyampaikan materi terkait pengaruh minat baca masyarakat terhadap IPM Kubu Raya yang akan dimaksimalkan melalui Webgis/geoportal Kubu Raya.

Selain itu, Dewi Mustika Sari, seorang praktisi pendidikan dan seorang penulis serta Sarfandi yang juga Sekretaris FK. PKBM Kubu Raya dan Ketua Umum Gardasi Kalbar yang akan menyampaikan materi terkait upaya peningkatan literasi bagi masyarakat.

"Kegiatan ini terbuka untuk umum, dengan sasaran peserta utama adalah pengelola PAUD dan PKBM yang ada di Kubu Raya. Tidak lupa nantinya kegiatan ini akan di buka oleh Bupati Kubu Raya bapak Muda Mahendarwan dan di rangkaikan dengan kegiatan pelantikan pengurus DPC Gradasi Kubu Raya periode 2021-2025," kata Asmil.