Wabup Banjar Launching "Kejar" di SMPN 3 Martapura

Martapura - Wakil Bupati Banjar Habib Idrus Al-Habsyie melakukan Launching Satu Rekening Satu Pelajar (Kejar) di halaman SMP Negeri 3 Martapura, Selasa (7/9).

Dikatakan Habib Idrus, sebagaimana Presiden RI melalui keputusan Nomor 26 Tahun 2019 tentang Hari Nasional menabung menargetkan untuk mencapai tingkat inklusi keuangan sebesar 90% pada tahun 2024.

”Alhamdulillah pada hari ini bersama Bank Kalsel menghadirkan Program Simpel (Simpanan Pelajar) melalui Program KEJAR (Satu Rekening Satu Pelajar) dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan literasi dan inklusi keuangan,” ujarnya.

Dirinya menambahkan sesuai dengan ketentuan Pemerintah Kabupaten Banjar telah mengeluarkan Surat Edaran Bupati Banjar tentang Program KEJAR yang ditujukan kepada para pelajar di Kabupaten Banjar untuk memiliki Rekening Tabungan, diharapkan akan dapat mendorong percepatan akses keuangan di daerah.

”Saya mengapresiasi kegiatan yang telah dilakukan oleh Bank Kalsel Cabang Martapura, PT BPR Martapura Banjar Sejahtera yang telah secara aktif melakukan upaya jemput bola secara langsung dengan mendatangi sekolah-sekolah untuk pembukaan rekening tabungan,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Cabang Bank Kalsel Martapura Iwan menyampaikan, Program KEJAR tersebut merupakan salah satu upaya dari menanamkan budaya menabung sejak dini baik Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan maupun Kementerian Agama.

”Selain untuk belajar menabung manfaat lainnya adalah mengajarkan anak-anak untuk berhemat, mencegah berutang, belajar sabar, belajar disiplin dan belajar membangun karakter,” ungkapnya.

Dirinya menuturkan siap membantu dalam pembukaan rekening tabungan Simpel pelajar di Kabupaten Banjar hanya dengan setoran awal Rp5.000 dan selanjutnya minimal Rp1.000 dengan syarat fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) orangtua dan Kartu Keluarga (KK).

Pada kesempatan tersebut dilakukan penyerahan secara simbolis Rekening Tabungan Simpel oleh Wakil Bupati Banjar didampingi Plt Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Plt Kepala Dinas Pendidikan Banjar dan Kepala Kantor Cabang Bank Kalsel Martapura kepada siswa dan siswi SMPN 3 Martapura yaitu Azka Putra Perdana dan Erliana.