Wabup Pringsewu Hadiri Rapat Persiapan Verifikasi STBM Award 2021

Pringsewu - Wakil Bupati Pringsewu Fauzi menghadiri kegiatan rapat dalam rangka Persiapan Verifikasi STBM Award Kabupaten Pringsewu yang merujuk pada Peraturan Menteri Kesehatan No. 3 Tahun 2014 tentang Sanitasi Total Berbasis Masyarakat, bertempat di Aula Hotel Regency Pringsewu, Selasa (7/9).

Turut hadir dalam rapat tersebut Kepala OPD Kabupaten Pringsewu, Kepala UPT Puskesmas se-Kabupaten Pringsewu, Ketua Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia (HAKLI) Cabang Pringsewu, perwakilan Ketua TP-PKK Pringsewu, Ketua Jamban Sewu, serta sejumlah peserta lainnya.

Fauzi dalam arahannya mengatakan, permasalahan sanitasi bukan hanya sekadar permasalahan pembangunan sarana dan prasarana sanitasi, tetapi juga permasalahan perilaku warga masyarakat sehari-hari.

"Oleh karena itu, strategi yang dibuat hendaknya tidak hanya ditujukan untuk meningkatkan kondisi sanitasi di kabupaten saja, namun juga mencakup kegiatan non fisik berupa pemberdayaan masyarakat secara langsung dalam upaya melestarikan dan menjaga sarana dan prasarana yang telah dibangun atau disediakan," ujarnya.

Program STBM Award merupakan bentuk apresiasi dari pemerintah pusat, dengan harapan dapat memicu provinsi serta kabupaten/kota dalam upaya percepatan pencapaian target SDGs Tahun 2030.

Di Kabupaten Pringsewu telah dibentuk Satgas GEBRAK ODF sejak Tahun 2017, mulai dari kabupaten sampai tingkat kecamatan, keluarahan/pekon. Bahkan pada Tahun 2018 Kabupaten Pringsewu terpilih menjadi kabupaten dengan inovasi Terbaik II dalam pelaksanaan Program STBM Tingkat Nasional. Kemudian pada Tahun 2019 kembali mengikuti STBM berkelanjutan dengan kriteria Pemilihan Sanitarian Terbaik dalam pelaksanaan program STBM. Selanjutnya, di Tahun 2020 Kabupaten Pringsewu mendapatkan Juara III di kategori Demand Creation. Untuk Tahun 2021 ini akan kembali mengikuti penilaian STBM Award di kategori Ennabling.

Wabup berharap agar seluruh peserta yang hadir dapat mengikuti kegiatan ini sampai selesai, sehingga pada saat penilaian dokumen dan data yang telah masuk ke Kementerian Kesehatan hasilnya tidak berbeda dengan kondisi di lapangan.

"Ingat, sinergitas kita adalah kunci utama keberhasilan untuk memperoleh penghargaan STBM Award di kategori Ennabling tahun ini, serta memajukan dan melestarikan Provinsi Lampung khususnya Kabupaten Pringsewu," pungkasnya.