Disperpusip Kota Tasikmalaya Sosialisasikan Budaya Baca dan Literasi

Tasikmalaya - Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Tasikmalaya menyelenggarakan kegiatan Pembudayaan Gemar Membaca Tingkat Daerah Kabupaten/Kota, dengan Sub Kegiatan Sosialisasi Budaya Baca dan Literasi pada Satuan Pendidikan Dasar dan Pendidikan Khusus serta Masyarakat Tahun 2021 yang dilaksanakan melalui kegiatan layanan bercerita atau story telling di Perpustakaan Umum Kota Tasikmalaya, Rabu (8/9).

Kegiatan ini diikuti oleh 50 orang peserta dari SLB Negeri Tamansari Kota Tasikmalaya.

Kepala Seksi Layanan Perpustakaan Aliya Puspa Dewi mengatakan, kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan, namun untuk kali ini dilaksanakan kepada penyandang disabilitas karena penyandang disabilitas juga berhak untuk mendapatkan pelayanan yang sama dalam mendapatkan keadilan dan kesejahteraan bersama.

Kegiatan ini juga bertujuan sebagai sarana untuk mempromosikan perpustakaan umum kepada masyarakat, meningkatkan gerak motorik, meningkatkan kecerdasan, menumbuhkan minat dan budaya baca di Kota Tasikmalaya, dan bisa menumbuhkan kecintaan terhadap buku.

Aliya menyebutkan untuk anak berkebutuhan khusus, kemarin mendapat bantuan berupa buku braille untuk tunanetra, namun memang belum terlalu lengkap. Di perpustakaan umum baru tersedia Al-Qur'an 30 juz, Hadist, dan cara memijat untuk penyandang tunanetra.

"Selain itu Perpustakaan Umum juga melayani peminjaman buku, untuk baca ditempat sudah dibuka untuk umum sehingga semua masyarakat bisa untuk mendapatkan layanan baca buku di kita. Sedangkan untuk buku yang akan dibawa ke rumah mereka harus menjadi anggota perpustakaan terelbih dulu, bisa mendaftarkan diri denga persyaratandiantaranya warga Kota Tasikmalaya, Kartu Identitas atau KTP, foto 2x3 sebanyak 3 lembar, dan mengisi formulir yang sudah disediakan," jelasnya.