Bupati Minta Gradasi Kubu Raya Maksimalkan Literasi Digital Masyarakat

Kubu Raya - Bupati Kubu Raya, Kalimantan Barat, Muda Mahendrawan meminta kepada Dewan Pengurus Cabang Generasi Digital Indonesia (DPC Gradasi) Kabupaten Kubu Raya yang baru dikukuhkan untuk membantu program pemerintah dalam meningkatkan literasi dan digitalisasi di berbagai sektor kehidupan masyarakat.

"Kehadiran Gradasi Kubu Raya menambah energi baru bagi Pemkab Kubu Raya untuk memaksimalkan semangat 'kepong bakol' (gotong royong) dalam menjalankan berbagai program pemerintahan, khususnya di sektor literasi dan digitalisasi," kata Muda usai mengukuhkan pengurus DPC Gradasi Kubu Raya periode 2021-2026 di ruang Praja Utama aula kantor bupati, Rabu (8/9).

Bupati menilai, Gradasi bisa berperan dalam banyak sektor, tidak hanya di bidang pendidikan, tetapi juga, pariwisata, UMKM, dan sebagai salah satu wadah pencegah menyebarnya informasi hoaks di tengah masyarakat yang muda terpapar di era digitalisasi ini.

"Untuk itu, Pemkab Kubu Raya menyambut baik kehadiran Gradasi Kubu Raya dan diharapkan untuk bisa bergerak bersama dalam mengabdikan diri untuk kepentingan masyarakat. Gradasi harus bisa membuat road map (peta kerja) yang sistematis dan terukur, agar memberikan dampak yang besar bagi masyarakat," tuturnya.

Dia menyakini, jika Gradasi bisa memberikan sumbangsih yang jelas bagi masyarakat, karena organsiasi ini bisa menyentuh semua sektor kehidupan masyarakat.

"Karena itu pengurus Gradasi harus bisa berperan dan bergerak bersama, berkolaborasi dengan semua instansi yang ada di Kubu Raya agar programnya bisa terukur dan menjangkar bagi masyarakat," kata Muda.

Di tempat yang sama, Wakil Ketua DPRD Kubu Raya Suharso juga menyakini pengurus Gradasi Kubu Raya bisa berbuat banyak untuk masyarakat Kubu Raya, terutama dalam memaksimalkan literasi dan digitalsiasi yang memang sudah harus dilakukan dan ditingkatkan saat ini.

"Banyak pengurus Gradasi Kubu Raya yang saya kenal dan saya sudah tahu pengabdian mereka selama ini, makanya saya yakin jika semua bisa bergerak bersama, Gradasi Kubu Raya akan memberikan kontribusi bagi masyarakat sehingga kami juga menyambut baik kehadiran Gradasi di Kubu Raya," kata Suharso.

Ketua DPD Gradasi Kalbar, Sarfandi mengatakan, untuk memaksimalkan program kerja Gradasi Kubu Raya, pihaknya telah mengusulkan kepada DPP Gradasi untuk membentuk dan memaksimalkan pandu digital bidang UMKM di Kubu Raya.

"Namun, dari DPP justru melihat peluang pengembangan pandu digital Pariwisata lebih memungkinkan untuk dibentuk, mengingat banyak potensi wisata yang bisa dikembangkan di Kubu Raya. Untuk itu, kami akan memberikan support penuh kepada pengurus DPC Kubu Raya untuk menjalankan berbagai program yang ada sesuai visi dan misi Gradasi," kata Sarfandi.

Sementara itu, Ketua DPC Gradasi Kubu Raya, Rendra Oxtora mengatakan pihaknya siap untuk berkolaborasi dan menyukseskan program kepong Bakol di Kubu Raya. "Banyak potensi dan terobosan yang dilakukan pemerintah Kubu Raya dalam berbagai sektor pembangunan sehingga ini akan menjadi program utama dari DPC Gradasi Kubu Raya untuk memaksimalkan terobosan-terobosan tersebut," katanya.

Rendra menambahkan, sebagai pemegang mandat Ketua DPC Gradasi Kubu Raya yang baru saja dilantik, dirinya beruntung karena pengurus yang ada di Gradasi Kubu Raya merupakan kolaborasi dari berbagai elemen. Mulai dari mahasiswa, PNS, pelaku usaha, jurnalis, pegawai swasta, pelaku literasi, dan beberapa unsur lainnya bisa berkolaborasi dalam organisasi tersebut.

"Dalam kesempatan ini kami menyampaikan terimakasih kepada teman-teman pengurus yang sudah bekerja keras untuk menyukseskan kegiatan pelantikan ini. Tidak lupa terimakasih yang sebesar-besarnya juga saya sampaikan kepada Bupati Kubu Raya, Disdikbud Kubu Raya, Diskominfo Kubu Raya, Porkopim Kubu Raya, Bidang Umum dan Sekda Kubu Raya yang telah ikut mendukung pelantikan ini," kata Rendra.