Bupati Tulang Bawang Hadiri Seleksi Final Teknologi Tepat Guna Unggulan 2021

Tulang Bawang - Bupati Tulang Bawang Winarti menghadiri presentasi seleksi final teknologi tepat guna unggulan yang di lakukan di Gedung Serba Guna Menggala, Kamis (9/9).

Kegiatan ini merupakan acara lanjutan dalam seleksi final kategori teknologi tepat guna unggulan Dalam rangka gelar teknologi tepat guna tingkat nasional XXII Tahun 2021 diKabupaten Tulang Bawang Provinsi Lampung.

Inovasi yang dilakukan adalah membuat mesin penggiling padi mini serbaguna dan multifungsi dengan kualitas yang premium dan tanpa sekam. Tujuan inovasi ini adalah agar petani dapat menghasilkan padi siap jual dan menghadirkan lapangan kerja baru bagi masyarakat sekitar, diharapkan agar petani padi dapat menghasilkan keuntungan nilai tambah yang lebih baik dari beras yang dijual maupun dedak.

Produk ini diberi nama "Multi Purpose Processing Machine (alat pengolah serbaguna) lesung milenium"  yang merupakan alat serbaguna sederhana yang dikembangkan oleh Nurhadi asal Kampung Batang Hari Kecamatan Rawa Pitu dan mempunyai keguanaan sebagai alat penggiling gabah menjadi beras peremium tanpa limbah sekam, dimana sekam menjadi dedak halus pakan ternak, penggiling beras menjadi tepung beras, pengupas sorgum, penggiling jagung menjadi tepung jagung, penggiling gaplek menjadi tepung gaplek dan lain sebagainya.

Multi Purpose Processing Machine ini merupakan pemenang juara 1 lomba Teknologi Tepat Guna (TTG) Unggulan Tingkat Provinsi Lampung yg diselenggarakan pada tanggal 6 Juli 2021 di Hotel Yunna Bandar Lampung sehingga mewakili Provinsi Lampung dalam lomba TTG unggulan Tingkat Nasional pada hari ini.

Proses pengerjaan produk yang akan diolah hingga siap pakai atau produk jadi yaitu berupa butir padi yang bersih dan berkualitas hanya dengan 2 kali pengolahan.

Permintaan mesin giling padi mini multifungsi ini sudah digunakan poknas program kreative mandiri Kabupaten Tulang Bawang dan beberapa Provinsi di Indonesia. Pemaparan yang diberikan berupa system operasi dan tujuan serta kelebihan mesin yang dijelaskan melalui pemaparan secara daring.  Yang mana customer kebanyakan petani pemilik lahan sawah dan pengusaha bidang pertanian.

Mesin ini telah dipasarkan secara luas di Sumatera, Jawa dan Kalimantan pengiriman dan penginstalan secara langsung atau melalui jasa expedisi.

Dalam sambutannya, Bupati Winarti berharap semua produk unggulan ini akan menjadi pemenang dalam lomba tingkat nasional, dan semoga kedepannya Kabupaten Tulang Bawang dapat menghadirkan inovasi - inovasi lain yang lebih baik.