Cair, Kelurahan di Kota Kediri Mulai Bagikan Dana Prodamas Plus

Kediri - Sejumlah wilayah kelurahan di Kota Kediri, Jawa Timur mulai bergerak untuk membagikan dana dari Prodamas Plus kepada masing-masing Kelompok masyarakat (Pokmas).

Kepala Bagian Pemerintahan Pemerintah Kota Kediri Paulus Luhur Budiprasetya, Kamis (9/9), menjelaskan bahwa sebenarnya pencairan dana Prodamas Plus ini sudah bisa dilakukan mulai 31 Maret 2021, namun masih terkendala pembuatan RAB dan gambar teknik infrastruktur Prodamas Plus TA 2021.

"Jadi yang menjadi kendala tidak bisa dicairkan Prodamas Plus pada 31 Maret 2021 kemarin karena terkendala pembuatan RAB dan gambar teknik infrastruktur Prodamas Plus TA 2021. Jadi kita beri pendampingan melalui LP2M untuk pembuatan RAB dan gambar teknik infrastrukturnya," ungkap Paulus.

Paulus berharap Prodamas Plus ini bisa meningkatkan ekonomi masyarakat di masa pandemi COVID-19 yang berdampak terhadap seluruh lapisan.

"Yang utama, kita berharap dengan pencairan dana dari Prodamas Plus ini ekonomi masyarakat bisa naik kembali. Selain pastinya juga untuk membenahi infrastruktur menjadi lebih baik secara menyeluruh," pungkas Paulus Luhur Budiprasetya.

Sementara itu, Kepala Kelurahan Burengan Adi Sutrisno menjelaskan bahwa dana yang berasal dari Prodamas Plus sudah dibagikan kepada masing-masing pokmas. Setelah itu, urainya, masing-masing pokmas telah bergerak cepat dengan pengadaan barang dan jasa.

"Jadi kita mendapatkan pencairan dana dari Prodamas Plus sejak akhir Agustus kemarin. Setelah itu, kita langsung bagikan dana tersebut kepada bendahara pokmas masing-masing. Ada 3 pokmas yang berada di Kelurahan Burengan ini", ungkap Adi Sutrisno.

Pihaknya menambahkan jika saat ini juga sudah dilakukan pemberian bansos dari salah satu pokmas kepada warga. Selain itu, program untuk pembenahan infrastruktur juga sudah mulai dilakukan.

"Salah satu pokmas kemarin juga sudah melakukan pembagian bansos untuk warga. Selain itu, untuk infrastruktur saat ini juga sudah mulai dilalukan untuk membuat taman di setiap RW," imbuh Adi Sutrisno.

Lebih lanjut Adi Sutrisno menginginkan warga untuk memaksimalkan Prodamas Plus ini untuk memajukan wilayah Kelurahan Burengan. Terlebih di masa pandemi COVID-19 ini banyak warganya yang sedang mengalami kesulitan secara ekonomi.

"Semoga warga dapat memaksimalkan dana yang diberikan dari Prodamas Plus ini. Supaya membantu warga juga dalam hal meningkatkan ekonomi warga. Karena kedepannya, kita menginginkan Kelurahan Burengan ini nantinya menjadi kampung keren," ujarnya.