Bupati Rohul Minta Dinas Terkait Persiapkan Lomba Hatinya PKK

Rohul - Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) mematangkan persiapan Lomba Kategori Hatinya (Halaman, Asri, Teratur, Indah dan Nyaman) PKK, dalam rangka memperingati Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK Tingkat Provinsi Riau,

Bupati Rokan Hulu Sukiman bersama Ketua TP PKK Peni Herawati Sukiman, saat memimpin rapat koordinasi, baru-baru ini, menginstruksikan langsung kepala dinas terkait ikut berperan dan berkontribusi untuk membantu mendukung Lomba Hatinya PKK dalam rangka Peringatan HKG PKK tingkat Provinsi Riau.

“Karena Rohul akan mengikuti lomba Hatinya PKK, tentunya ini perlu kerja sama dan dukungan seluruh pihak. Seperti Lomba Hatinya PKK perlunya penataan halaman, infrastruktur jalan, penghijauan lingkungan, program kesehatan desa, tanaman sayuran pekarangan rumah dan administrasi PKK ini perlu dukungan OPD terkait,” harap Sukiman.

Sementara itu, Peni Herawati Sukiman mengatakan, dalam rangka HKG PKK Provinsi Riau, 12 kabupaten/kota di Riau mengikuti berbagai lomba yang ditaja TP PKK Provinsi Riau. Untuk Kategori Lomba Hatinya PKK diikuti Kabupaten Rohul dan Kota Dumai.

“Kita mengikuti lomba Hatinya PKK tingkat Provinsi. Dari 12 Kabupaten/Kota mengikuti lomba yang berbeda. Untuk lomba Hatinya PKK itu ditunjuk Kabupaten Rohul dan Kota Dumai,” katanya.

Untuk memilih Desa sesuai dengan Lokus Penilaian, ketua TP PKK Rohul mengaku telah memilih Desa Kumain, Kecamatan Tandun yang memiliki kategori setelah dilakukan Survey lapangan oleh Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Rohul.

“Dari Dinas Tanaman Pangan dan Hortukultura Rohul sudah turun ke desa-desa kayaknya yang lebih memiliki kategori yang masuk dalam lokus penilaian itu Desa Kumain, Kecamatan Tandun,” katanya.

Untuk melakukan persiapan jelang penilaian, Peni mengaku setelah menerima surat dari TP PKK Provinsi Riau langsung melakukan rapat dengan OPD terkait untuk mensukseskan Lomba Hatinya PKK tingkat Provinsi.

“Setelah saya menerima Surat dari Pemerintah Provinsi Riau saya langsung turun tangan, tetapi karena dalam suasana Pandemi COVID-19. Saya tidak melibatkan semua Organisasi wanita dalam persiapan lomba ini,” katanya.

“Untuk mencegah terjadi penularan COVID-19, maka saya hanya mengundang OPD terkait yang bisa langsung ection kelapangan termasuk Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura langsung turun untuk survei desa mana yang bisa untuk lokus penilaian tersebut,” ujarnya.

Dengan terpilihnya Desa Kumain, Kecamatan Tandun sebagai objek Lomba Hatinya PKK, Peni mengaku melalui Rapat dengan OPD terkait dengan kerjasama dan penuh kebersamaan untuk berpartisipasi dalam persiapan lomba tersebut.

“Maka gerak cepat kita besok (Kamis_red) kita mulai turun untuk melihat langsung kondisi dilapangan, apa-apa yang harus kita persiapkan sesuai dengan bidang dan bagian dinas terkait,” pintanya.

Peni yang juga Bunda PAUD Rohul ini mengatakan untuk persiapan penilaian juga akan dibentuk Panitia Kabupaten hingga tingkat Desa yang dituangkan dalam SK Panitia. Terkait penilaian pemanfaatan pekarangan rumah, menjadi modal bagi Kabupaten Rohul.

Pasalnya, jauh sebelum penilaian lomba Hatinya PKK, Bupati Rohul ukiman sudah mengeluarkan Surat Edaran terkait pemanfaatan pekarangan rumah untuk tanaman sayur-sayuran.

“Targetnya kita dalam Lomba Hatinya PKK berharap mendapat nilai yang terbaik sesuai harapan bisa kerjasama OPD dan PKK, kita harapkan juga tidak hanya sekedar lomba, tetpai kita harapkan diterapkan dilingkungan kita halaman yang asri, teratur dan nyaman,” harap Peni.

Turut hadir, Ketua GOW Rohul Sri Yulita Indra Gunawan, Kepala Dinas LH Rohul Suparno, Kadis Perkim Rohul Heri Islami, Kadis Dukcapil Rohul Syaiful Bahri, Kadis DPMPD Margono, Kadiskes Bambang, Kadis Dalduk KB Sariaman, dan perwakilan Dinas DKPP.