Pemkab Ngawi Raih Penghargaan Abdi Bakti Tani 2021

Jakarta - Pemerintah Kabupaten Ngawi meraih penghargaan Abdi Bakti Tani 2021 dari Kementerian Pertanian Republik Indonesia sebagai peringkat tiga kabupaten dalam peningkatan produksi padi tertinggi.

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin didampingi Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo kepada Bupati Ngawi Ony Anwar Harsono di Istana Wapres, Jakarta, Senin (13/9).

Dalam sambutannya, Wapres Ma'ruf Amin menyampaikan bahwa ketangguhan sektor pertanian merupakan kerja keras dari petani sekaligus sumbangsih pemerintah dan kolaborasi antara pemerintah pusat dan daerah. Ma'ruf mengatakan bahwa masa pandemi ini mampu memberikan pelajaran untuk semuanya berfikir kreatif guna menciptakan terobosan.

Selain itu, diungkapkannya bahwa pemerintah pusat dan daerah terkait kontribusi terhadap pembangunan pertanian nasional akan merumuskan kebijakan fasilitasi serta kontribusinya.

"Terus berpacu untuk meningkatkan produksi pertanian Indonesia, dengan bersinergi, produktif dan disiplin," tandas wapres.

Sementara itu, Ony Anwar Harsono ditemui usai menerima penghargaan mengatakan bahwa capaian ini berkat upaya kerja bersama gotong royong antara pemerintah daerah bersama petani sehingga mencapai target produktivitas padi di Kabupaten Ngawi naik dari peringkat ke-6 secara nasional ke peringkat ke-3.

"Alhamdullilah kali ini diperingkat tiga setelah Kabupaten Cilacap dan Kabupaten Brebes," kata Ony.

Dirinya berharap dengan peningkatan peringkat ini mampu berbanding lurus dengan kesejahateraan masyarakat, mengingat pertanian merupakan penopang utama perekonomian khususnya di Kabupaten Ngawi.

"Semoga dengan peningkatan produktivitas ini kita ada peningkatan kesejahteraan masyarakat kita khususnya petani kita dan Alhamdulillah kita diapresiasi oleh Pemerintah Pusat sehingga kita bisa maju lagi di bidang pertanian," tandasnya.

Abdi Bakti Tani adalah penghargaan bentuk apresiasi atas kinerja dan prestasi Pemerintah Daerah yang telah berkontribusi dalam upaya memenuhi kebutuhan pangan bagi 273 juta penduduk Indoensia dan meningkatkan ekspor produk pertanian, kegiatan ini juga sebagai rangkaian peringatan Hari Tani Nasional 2021 yang diperingati setiap 24 September.

Sebanyak 9 gubernur dan 10 bupati yang menerima Penghargaan Abdi Bakti Tani 2021, yakni gubernur Lampung, Jawa Timur, Banten, Jawa Tengah, Kalimantan Timur, Jambi, Sumatera Selatan, Kalimantan Barat dan Sulawesi Utara. Sedangkan untuk pemkab diberikan kepada bupati Ngawi, Bintan, Cilacap, Kota Baru, Deli Serdang, Brebes, Oku Timur, Gresik, Kotawaringin Barat dan Bupati Semarang.