Gustaf Griapon Resmi Dilantik Sebagai Ketua PB ESI Kabupaten Jayapura

Sentani - Ketua Umum Pengurus Besar (PB) Elektronik Sports Indonesia (ESI) Papua Mayjen TNI Abdul Haris Napoleon melantik Ketua PB ESI Kabupaten Jayapura Gustaf Griapon, beserta pengurus untuk masa bakti 2021-2024.

Mayjen TNI Abdul Haris Napoleon mengatakan, dengan kehadiran pengurus PB ESI Kabupaten Jayapura diharapkan dapat mengembangkan e-sports di Papua, khususnya di Kabupaten Jayapura.

"Ya, malam ini kita melaksanakan pelantikan ketua beserta pengurus PB ESI Kabupaten Jayapura yakni, saudara Gustaf Griapon dan kawan-kawan. Dengan kehadiran kepengurusan ini dalam rangka mengembangkan olahraga e-sports di Papua khususnya di Kabupaten Jayapura. Selain itu, pengurus e-sports yang baru dilantik juga harus menjaring dan membina para atlet e-sports di Kabupaten Jayapura agar mampu bersaing secara lokal, nasional, bahkan internasional demi mengharumkan nama daerah maupun Indonesia," ujarnya di Jayapura, Selasa (14/9) malam.

Pihaknya menambahkan, dalam waktu dekat pihaknya sebagai tuan rumah akan melaksanakan eksibisi E-Sports pada iven PON XX tahun 2021, yang mana pelaksanaannya direncanakan di Stadion Hockey Indoor, Doyo Baru, Distrik Waibhu, Kabupaten Jayapura.

"Berarti saudara Gustaf Griapon selaku ketua bersama rekan-rekan pengurus lainnya nanti tentunya akan berperan aktif di dalam panitia eksibisi tersebut. Dan, direncanakan pertandingan akan dimulai tanggal 21 sampai 26 September 2021 mendatang," ujarnya.

Ia juga memaparkan, olahraga e-sports ini merupakan olahraga yang berbasis pada IT, sehingga pihaknya sudah memiliki lima kepengurusan, yakni Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Merauke, Kabupaten Timika dan Kabupaten Nabire.

"Kedepannya juga kami akan kembangkan ke daerah lain, apabila memang kondisi IT di beberapa daerah kabupaten lainnya sudah cukup memadai. Sehingga pengembangan olahraga e-sports ini kami harapkan menjadi salah satu lumbung emas pada pelaksanaan PON berikutnya yang akan dilaksanakan di Aceh dan Sumatera Utara pada 2024 mendatang," papar Mayjen Abdul Haris Napoleon.

Sementara itu, Ketua PB ESI Kabupaten Jayapura, Gustaf Griapon mengucapkan terima kasih telah mendapatkan kepercayaan Ketua e-Sports Kabupaten Jayapura. Dirinya bersama pengurus yang telah dilantik memiliki tanggung jawab untuk memajukan olahraga elektronik ini di Bumi Khenambay Umbay.

"Setelah dilantik malam ini, kami akan fokus dengan pertandingan eksebisi yang akan berlangsung pada tanggal 21-26 September 2021. Kemudian, setelah itu kami akan melakukan konsolidasi dan juga melakukan rapat kerja untuk membuat program kerja dari e-sports Kabupaten Jayapura," ucap Gustaf yang juga Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Jayapura tersebut.

Pelantikan yang berlangsung di Sekretariat PB ESI Papua, Padang Bulan, Distrik Heram, Kota Jayapura, itu ditandai dengan penandatanganan berita acara pelantikan dan penyerahan pataka e-sports dari Ketua Umum PB ESI Papua Mayjen TNI Abdul Haris Napoleon kepada Ketua PB ESI Kabupaten Jayapura Gustaf Griapon.