Sekda Aceh Tinjau Vaksinasi Anak Usia Sekolah di SMAN 1 Meulaboh

Meulaboh - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Aceh Barat Marhaban menerima kunjungan lapangan Sekda Aceh Taqwallah berserta dengan rombongannya dalam rangka melakukan peninjauan langsung progres vaksinasi bagi anak usia sekolah yang digelar di halaman SMAN 1 Meulaboh pada Jumat (17/9).

Kegiatan yang diawali dengan zikir pagi yang merupakan agenda rutin dari Pemerintah Aceh tersebut juga dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan Aceh, unsur Forkopimda Aceh Barat, para Asisten dilingkup Setdakab Aceh Barat, Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Barat, Kepala dinas kesehatan Aceh Barat, para Kepala Sekolah, para guru, serta sejumlah murid SMAN 1 Meulaboh yang akan melakukan vaksinasi.

Dalam kesempatan tersebut, Sekretaris Daerah Aceh Taqwallah menyampaikan bahwa proses vaksinasi yang diperuntukan untuk anak usia sekolah di Kabupaten Aceh Barat ini harus segera direalisasikan paling lambat sebelum 30 September 2021 mendatang.

"Penyuntikan vaksin untuk anak sekolah kita targetkan bisa rampung sebelum 30 september ini, karena mulai tanggal 1 oktober nanti, kita akan fokus untuk melakukan vaksinasi bagi masyarakat umum lainnya," ucap Taqwallah.

Untuk itu, ia meminta kepada para kepala sekolah agar dapat memberikan instruksi langsung kepada guru dan wali kelas guna melakukan percepatan proses vaksinasi tersebut dengan membangun komunikasi yang baik terhadap murid dan para orang tua sehingga diharapkan mereka bisa teredukasi tentang pentingnya vaksin di tengah pandemi ini.

"Dengan adanya edukasi yang baik, diharapkan tidak ada lagi keraguan bagi murid dan orang tua untuk melakukan vaksinasi," imbuhnya.

Selain itu, Taqwallah juga meminta kepada para kepala sekolah agar melakukan koordinasi dengan pihak puskesmas di wilayahnya masing-masing yang bertujuan untuk segera menjadwalkan waktu untuk melakukan vaksinasi di sekolah.

Ia mengatakan bahwa percepatan vaksinasi sangat penting untuk dilakukan sebagai bentuk pencegahan penyebaran COVID-19 di Aceh sehingga dengan tingginya tingkat vaksinasi terhadap masyarakat diharapkan kekebalan kelompok (herd immunity) dapat segera tercapai.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Barat Marhaban menyampaikan bahwa pihaknya siap mendukung segala upaya untuk melakukan percepatan vaksinasi di Kabupaten Aceh Barat ini khususnya bagi anak usia sekolah yang ditargetkan rampung sebelum tanggal 30 September mendatang.

"Kami berharap vaksinasi terhapad anak usia  sekolah ini bisa dituntaskan sesuai dengan jadwal yang telah di tetapkan, sehingga nantinya kita bisa fokus untuk vaksinasi kepada masyarakat lainnya," imbuhnya.

"Semoga proses vaksinasi untuk anak sekolah ini bisa berjalan dengan lancar dan aman guna mencegah terjadinya penyebaran COVID-19 di sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Aceh Barat," harapnya.