Tulang Bawang Juara Ketiga Lomba Teknologi Tepat Guna Nasional

Jakarta - Kabupaten Tulang Bawang, Provinisi Lampung, di bawah pimpinan Bupati Winarti meraih juara ketiga dalam Lomba Teknologi Tepat Guna Tingkat Nasional XXII Tahun 2021.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar di Balai Makarti Muktitama, Jakarta, Senin (20/9).

Tulang Bawang meraih juara ketiga melalui produk yang diberi nama "Multi Purpose Processing Machine (alat pengolah serbaguna) lesung milenium"  yang merupakan alat serbaguna sederhana yang dikembangkan oleh Nurhadi, warga asal Kampung Batang Har, Kecamatan Rawa Pitu dan mempunyai kegunaan sebagai alat penggiling gabah menjadi beras peremium tanpa limbah sekam. Dimana sekam menjadi dedak halus pakan ternak, penggiling beras menjadi tepung beras, pengupas sorgum, penggiling jagung menjadi tepung jagung, penggiling gaplek menjadi tepung gaplek dan lain sebagainya, Proses pengerjaan produk yang akan diolah hingga siap pakai atau produk jadi yaitu berupa butir padi yang bersih dan berkualitas hanya dengan dua kali pengolahan.