Pemkab Aceh Barat Optimalkan Serapan APBN Termasuk Penyaluran Dana Desa

Meulaboh - Bupati Aceh Barat Ramli MS mengatakan, pihaknya terus berupaya untuk mengoptimalkan penyerapan APBN di daerah, dengan menggenjot penyaluran Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) sesuai dengan arahan dari pemerintah pusat melalui Kementerian Keuangan.

“Upaya ini kami lakukan untuk meningkatkan perekonomian bagi masyarakat di daerah,” kata Ramli MS di Meulaboh, Rabu (22/9).

Penegasan tersebut ia sampaikan saat menerima kunjungan kerja Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Ditjen Perbendaharaan Provinsi Aceh Syafriadi beserta jajarannya, dalam rangka membahas percepatan penyerapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) di daerah, berlangsung di ruang rapat Bupati Aceh Barat.

Ramli MS mengatakan pihaknya akan terus melakukan koordinasi bersama intansi terkait termasuk inspektorat, guna menuntaskan segala permasalahan yang dapat menghambat penyaluranTKDD di Aceh Barat.

Sehingga diharapkan penyerapan APBN di daerah dapat segera direalisasikan dengan cepat sesuai dengan ketentuan dari pemerintah.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan Provinsi Aceh Syafriadi mengatakan satu bagian terpenting dari belanja negara adalah penyaluran Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD), meliputi Dana Bagi Hasil (DBH), Dana Alokasi Umum (DAU), Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik dan nonfisik, Dana otsus, Dana Insentif Daerah (DID), serta dana desa.

Menurutnya, di beberapa sektor, serapan APBN di Kabupaten Aceh Barat sudah cukup bagus seperti pada penyaluran DAK fisik, dana bagi hasil, serta dana desa sehingga diharapkan hal tersebut dapat menggerakkan perekonomian daerah dengan meningkatnya daya beli masyarakat.

Ia berharap pemerintah daerah dapat segera merealisasikan percepatan penyaluran TKDD tersebut hingga mencapai 100 persen di akhir tahun nanti, agar dapat membawa dampak positif bagi perekonomian masyarakat di tengah pandemi saat ini, katanya mengharapkan.