Minimalisir Dampak Bencana, BPBD Kabupaten Banjar Berikan Edukasi kepada TNI

Martapura - Kepala Staf Kodim 1006/ Banjar Mayor Kav. Taufiq Ashari membuka acara Pembinaan dan Sosialisasi Masyarakat Tanggap Bencana Alam berlangsung di aula Makodim Banjar, Rabu (22/9).

Mayor Kav. Taufiq Ashari mengatakan kegiatan ini merupakan program TNI AD khususnya Kodim 1006 Banjar dalam melaksanakan pembinaan terhadap Masyarakat, Instansi terkait dan Babinsa dalam rangka membangun kerjasama dengan Pemerintah melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

“Tugas TNI selain perang atau Operasi Militer Selain Perang (OMSP), adalah tanggap dalam menghadapi bencana alam. Menanggapi bencana alam ini kita harus bahu-membahu, bersinergi dengan instansi lain, bukan hanya dari pihak TNI-Polri saja. Terutama masyarakat itu sendiri yang tanggap bencana, ini sangat penting,” ujarnya.

Ia menjelaskan bahwa BPBD sengaja dihadirkan dalam kegiatan dikarenakan secara teknis BPBD yang tau terkait pelaksanaan. Kita mengharapkan, sinergi yang terbangun bisa berjalan baik ,sehingga kita bisa terbebas dari bencana. Begitu ada kejadian, warga juga tim ini bisa langsung bergerak.

Sementara itu sebagai pemateri dari BPBD Banjar Rio Septian Hermawan menyampaikan kebencanaan sangat penting untuk terus disosialisasikan kepada TNI dan masyarakat agar tercipta perpaduan yang tepat sehingga cepat saat penanggulangan bencana.

Menurutnya, beberapa wilayah di Kota Banjarmasin termasuk daerah Banjarbaru dan Kabupaten Banjar yang berpotensi atau rawan bencana, baik itu bencana alam, bencana non alam, dan bencana sosial.

“Tujuan edukasi kebencanaan kepada TNI dan masyarahat untuk meminimalisir dampak dan resiko dari bencana,” ujarnya.

Terkait bencana non alam seperti COVID-19, dirinya meminta kepada perwakilan warga yang mengikuti sosialisasi untuk menularkan materi yang disampaikan kepada warga lainnya di desa masing-masing.