Cegah COVID-19, Desa Manemeng Sumbawa Barat Rutin Cek Suhu Tubuh Warga

Sumbawa Barat - Desa Manemeng, Kecamatan Brang Ene, Kabupaten Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat, rutin melakukan pengecekan suhu tubuh terhadap warga yang keluar dan masuk desa setempat untuk mendeteksi serta mencegah penyebaran COVID-19.

Staf desa dibantu sejumlah petugas kesehatan mengecek suhu tubuh seluruh warga yang melintasi Desa Manemeng.

"Bagi setiap warga yang keluar dan masuk Desa Manemeng harus dilakukan pengecekan suhu tubuh untuk mendeteksi ada atau tidaknya warga yang sakit, hal ini untuk mencegah COVID-19," kata Kepala Desa Manemeng Ibrahim, saat ditemui di Posko penanganan COVID-19 di Desa Manemeng, Rabu (15/4).

Kades Ibrahim bersyukur setelah dilakukan pengecekan rutin di posko, seluruh warga yang keluar dan masuk, semua hasilnya normal.

Kegiatan pengecekan suhu tubuh dan penjagaan di posko ini, tambah kades, dilakukan 24 jam nonstop.

"Jika terdapat atau ditemukan warga yang suhu tubuhnya di atas normal atau 37 derajat celcius, maka petugas akan melakukan pengecekan kesehatan lanjutan kepada yang bersangkutan," ujarnya.

Kades juga mengimbau kepada pengguna jalan yang masuk ke dalam wilayah Manemeng agar mematuhi imbauan pemerintah untuk menggunakan masker.

"Ini dalam rangka ikhtiar kita bersama agar Desa Manemeng dan Kabupaten Sumbawa Barat umumnya dapat memutus rantai penyebaran COVID-19," ujarnya.

Ibrahim menambahkan, dalam mencegah COVID-19, Desa Manemeng mempunyai Satgas Desa yang di dalamnya tergabung dari beberapa unsur seperti Badan Permusyawaratan Desa, Babinsa, Bhabinkamtibmas, tenaga kesehatan, pemuda dan masyarakat atau relawan.

"Sinergitas satgas ini terus kami pupuk sehingga semua kegiatan terkait pencegahan penyebaran COVID-19 di Desa Manemeng berjalan baik," tutupnya.