Bupati Banjar Tutup Penjaringan Kader Muda LPTQ Banjar 2021

Martapura - Lembaga Tilawatil Qur'an (LPTQ) Kabupaten Banjar belum lama ini melaksanakan kegiatan Penjaringan Kader Muda LPTQ 2021 yang secara resmi ditutup Bupati Banjar Saidi Mansyur di Mahligai Sultan Adam Martapura, Kamis (23/9)

Kegiatan juga dihadiri Wakil Bupati Banjar Habib Idrus Al - Habsyie, Kepala Kemenag Najwan Noor, Ketua Umum LPTQ Banjar H, Masruri,Kabag Kesra Sawiyan dan kader LPTQ Banjar.

Ketua Umum LPTQ Banjar Masruri mengatakan, kegiatan dilaksanakan sejak 4 Juli - 12 September 2021 setiap Sabtu dan Ahad dengan Tehnical Meeting setiap Jumat dan pelaksanaan di Gedung Islamic Center Martapura.

"Penjaringan kader dengan dua jalur, pertama berupa utusan LPTQ masing2 kecamatan dan jalur kedua berupa utusan sekolah atau Madrasah utusan Pesantren, pelaksanaan dua jalur ini dimaksudkan agar LPTQ Kecamatan bisa memacu kader di wilayahnya," ungkap Masruri.

"Secara umum kegiatan penjaringan ini untuk menyiapkan kader2 potensial LPTQ untuk persiapan MTQ tingkat Kabupaten Banjar tahun 2022,dengan total jumlah peserta penjaringan ini 339 orang, terdiri dari putra 182 orang dan putri 207 orang dengan jumlah cabang lomba sebanyak 42 cabang putra dan putri" sambung Masruri.

Sementara itu, Bupati Banjar Saidi Mansyur mengatakan, LPTQ yang mewadahi dalam kegiatan di bidang  Al -qur'an untuk bisa meningkatkan  kemampuan melalui programnya, salah satunya adalah  program Rumah Tahfiz karena porgram ini juga menjadi salah satu visi misi Pemerintah Kabupaten Banjar.

"Dari kegiatan Penjaringan LPTQ diharapkan prestasi tingkat Kabupaten bisa lebih baik lagi dibawa ke tingkat Propinsi juga Nasional, serta dikesempatan ini diucapkan selamat kepada mereka yang menjadi juara Penjaringan Kader Muda LPTQ 2021,kepada para peserta yang mendapatkan prestasi juga teruslah belajar dan meningkatkan kemampuan," ucap Saidi.

"Ini adalah ajang pemanasan, melihat potensi2 yang ada melalui program LPTQ Kabupaten Banjar, pada kesempatan ini pula kami ingin menyampaikan saat juga telah dilaksanakan program vaksinasi bagi secara masip baik untuk masyarakat umum, masjid, ponpes maupun pasar, hal ini selain mendukung program pemerintah pusat juga dalam upaya meningkatkan kekebalan imun kita di masa Pandemi ini," lanjut Saidi.

Dari kegiatan Penjaringan Kader Muda LPTQ Banjar 2021, yang menjadi juara umum untuk LPTQ tingkat kecamatan adalah LPTQ Sungai Tabuk dan juara umum tingkat sekolah/pesantren adalah Ponpes Darul Hijrah Putra.

Di kesempatan ini juga diserahkan piala, piagam dan uang pembinaan kepada perwakilan semua juara lomba yang diserahkan oleh Bupati Banjar Saidi Mansyur, Wakil Bupati Habib Idrus Al - Habsyie dan Ketua Umum LPTQ Masruri, dengan total uang pembinaan pada kegiatan ini sebesar Rp294 juta.