Wali Kota Cilegon Minta Dinkes Persiapkan Penanganan Krisis Kesehatan

Cilegon - Wali Kota Cilegon Helldy Agustian mengatakan, Dinas Kesehatan merupakan komponen yang fundamental dalam menanggulangi krisis kesehatan.

"Dinkes merupakan komponen penting dalam penanggulangan krisis kesehatan dan selaku penanggung jawab terhadap berbagai persoalan mengenai kesehatan sampai ke pelayanan masyarakat," ujar Helldy saat membuka acara pelatihan penguatan SDM penanggulangan krisis kesehatan dan simulasi SOP di Green Hotel Cilegon (27/9).

Lebih lanjut, Helldy mengajak seluruh tenaga kesehatan supaya melakukan persiapan untuk menangani krisis kesehatan.

"Kita perlu menyamakan persepsi dalam penanggulangan masalah kesehatan dengan dinas terkait supaya tidak ada SOP yang berbeda-beda, " tuturnya.

"Intinya saya mengajak kepada teman-teman untuk berpikir, bekerja secara positif supaya bisa membangun Cilegon ke arah yang lebih baik," sambung Helldy.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Ratih Purnamasari menjelaskan bahwa Kota Cilegon rawan akan bencana terhadap krisis kesehatan.

"Maka perlu dilakukan pelatihan untuk penanggulanan krisis kesehatan dan simulasi standar operasional prosedur penanggulangan krisis kesehatan, untuk menghadirkan Tim Krisis Kesehatan yang terampil dan berkualitas di Cilegon," ungkapnya.

"Kegiatan ini diadakan selama tiga hari dengan melibatkan lintas program dan sektor, yang terdiri dari 43 peserta lintas program UPT Puskesmas," tandas Ratih.