Kegiatan ANBK di SMAN 1 Martapura Berjalan Lancar

Martapura - Sebanyak 45 siswa SMA Negeri 1 Martapura mengikuti Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) 2021, Senin (27/9).

Panitia mengunakan dua ruangan komputer di sekolah tersesbut yang terletak di Jalan A Yani Km 40, Kelurahan Jawa, Kecamatan Martapura, Kota Martapura, Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan.

Pelaksanaan ANBK 2021 diawasi seorang pengawas dari sekolah lain dan seorang proktor. Ada sejumlah pengumuman ditempel di pintu ruangan tersebut.

"Hanya dua petugas itu yang berhak berada di ruangan ANBK 2021 untuk menjamin kegiatan murni tanpa diintervensi dari pihak manapun," ujar Eko Sunyoto selaku Kepala SMA Negeri 1 Martapura.

Untuk ANBK 2021 di SMA Negeri 1 Martapura tersebut berlangsung selama dua hari. Hari ini, dimulai pukul 07.30 hingga 09.40 Wita untuk sesi pertama dan sesi kedua, pukul 10.40 Wita hingga 12.40 Wita.

"Bentuk soal dan jumlah pertanyaan pada ANBK 2021 dari pemerintah pusat," ujar Eko Sanyoto

Masih kata Eko Sanyoto, peserta ANBK sebanyak 45 orang ditambah 5 orang anak didik sebagai peserta cadangan dipilih secara acak oleh pemerintah pusat.

"ANBK 2021 atau survei mengetahui kondisi pemetaan kegiatan belajar mengajar dan kondisi lingkungan belajar untuk peningkatan mutu sekolah," jelas Eko Sanyoto.

Eko Sanyoto bersyukur pelaksamaan ANBK 2021 hari pertama tidak ada kendala, 45 peserta hadir. Tidak ada pula gangguan jaringan internet dan listrik selama pelaksanaan hingga hari terakhir.

Ia pun berharap ANBK 2021 yang dilaksanakan serentak se Indonesia itu akan meningkatkan mutu pendidikan khususnya pada SMA Negeri 1 Martapura.