Bupati Sigi Video Conference Bersama Mensos Bahas Bansos Tunai

Sigi - Bupati Sigi Mohamad Irwan didampingi kepala Dinas Sosial dan kepala Dinas Komunikasi dan Informatika setempat, bersama seluruh kepala daerah mengikuti video conference dengan Menteri Sosial Juliari P. Batubara.

Dalam keterangan tertulis, Rabu (15/4), video conference tersebut dilaksanakan untuk mensosialisasikan program bantuan sosial berupa bansos tunai dari Kementerian Sosial untuk masyarakat rentan yang terdampak wabah COVID-19.

Juliari mengatakan, bantuan sosial tunai yang akan diberikan berasal dari anggaran Kementerian Sosial akan menyasar keluarga dalam "Data Terpadu Kesejahteraan Sosial" yang terdiri dari kurang lebih 9.000.000 kepala keluarga (kk), serta data yang berasal dari pemerintah daerah.

"Nantinya para penerima bantuan akan diberikan uang tunai senilai Rp600.000/keluarga/bulan selama 3 bulan dimulai dari April hingga Juni. Untuk mekanisme penyalurannya Kemensos akan bekerjasama dengan PT Pos Indonesia dan Himbara," ujar Juliari.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Sigi Mohamad Irwan menyampaikan dua hal kepada Menteri Sosial RI, selain tentang bansos tunai, juga terkait dengan santunan duka korban bencana gempa bumi dan likuifaksi, serta jaminan hidup yang belum diterima.

Menanggapi hal tersebut, Menteri Sosial Juliari menyampaikan bahwa untuk santunan duka akan diselesaikan secepatnya, sementara untuk jaminan hidup anggaran telah diajukan di Kementerian Keuangan RI