Vaksinasi BIN Sasar 4.000 Pelajar dan Santri di Kubu Raya

Kubu Raya - Badan Intelijen Negara (BIN) kembali menggelar vaksinasi massal bagi pelajar, santri dan door to door kepada masyarakat di lima provinsi secara serentak di antaranya, SMA Taruna Bumi Khatulistiwa Kubu Raya, SMAN 5 Bandar Lampung, SMAN 1 Manado Sulawesi Utara, Banten dan Bogor Jawa Barat.

Kepala BIN Daerah (Kabinda) Kalimantan Barat Brigjen Pol Rudy Tranggono mengatakan, untuk periode pertama pihaknya fokuskan vaksinasi di Kubu Raya dengan menyiapkan 6.000 dosis vaksin yang diberikan kepada 4.000 pelajar dan santri usia 12 - 18 tahun, sedangkan 2.000 dosis lainnya dilakukan secara door to door ke masyarakat umum.

"Vaksinasi ini terus kita gencarkan dan kita lanjutkan ke kabupaten/kota lainnya di Kalbar. Insya Allah dalam waktu dekat kami juga akan melakukan vaksinasi dosis kedua di Kubu Raya dengan sasaran yang sama yaitu pelajar, santri dan masyarakat umum," kata Kabinda Kalbar usai mengikuti vaksinasi massal pelajar dan santri yang dilakukan serentak di 4 provinsi secara virtual bersama Kepala BIN Jenderal Polisi (Purn) Budi Gunawan dan Ketua DPR RI Puan Maharani di SMA Taruna Bumi Khatulistiwa, Rabu (29/9).

Kabinda mengharapkan, dengan adanya perecepatan vaksinasi yang dilakukan TNI, Polri, pemerintah daerah dan BIN juga bisa mempercepat penurunan kasus COVID-19 di Indonesia. Pihaknya mengakui, saat ini yang menjadi kendala percepatan vaksinasi ini dikarenakan penditribusian vaksin, yang mana pendistribusian vaksin itu harus dibagi untuk 270 juta masyarakat Indonesia, tentunya harus membutuhkan proses panjang.

“Karena kita mengejar percepatan vaksinasi bagi pelajar yang harus melakukan Pembelajaran Tatap Muka (PTM), tentunya hal ini yang harus kita juga targetkan, karena vaksinasi untuk masyarakat umum sudah kita lakukan terlebih dahulu," ujarnya.

Kabinda menjelaskan, pihaknya tidak akan memaksakan pelajar atau orang tua yang anaknya tidak mau divaksin, meski demikian pihaknya terus memberikan pemahaman dan edukasi kepada pelajar bahwa vaksin itu sangat baik untuk membentengi diri dan orang lain dari penyebaran COVID-19.

“Jika ada siswa yang tidak mau divaksin, pihaknya tidak akan memaksakan, karena masih ada waktu lainnya, sedangkan untuk orangtua murid kita akan berikan pemahaman agar anaknya mau divaksin," ujarnya.

Di tempat yang sama, Kepala Sekolah SMA Taruna Bumi Khatulistiwa, Anton Wijaya mengapresiasi dan berterima kasih kepada Ketua DPR RI Puan Maharani dan Kepala BIN Jenderal Polisi (Purn) Budi Gunawan yang telah mempercayakan sekolah sebagai pelaksana vaksinasi massal bagi pelajar dan santri.

“Kami yakini vaksin yang dilakukan ini bisa dilakukan sebagaimana mestinya, Kami juga berharap, vaksin ini bisa semakin dipercepat, sehingga kekebalan komunal (herd immunity) dapat segera terwujud, yang pada akhirnya semua kegiatan belajar mengajar dapat berjalan sebagaimana mestinya," harapnya.

Sementara itu, Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan, mengatakan berdasarkan data Dinas Kesehatan Kubu Raya, sampai saat ini baru 5 ribu pelajar yang sudah divaksin dan itu sudah dilakukan sejak beberapa minggu terakhir dan prosesnya tidak ada kendala apapun.

“Kami dari pemerintah Kubu Raya berterima kasih kepada Ketua DPR RI ibu Puan Maharani bersama Kepala BIN bapak Budi Gunawan, yang mana kegiatan hari ini merupakan bagian dari memberi peluang mempercepat vaksinasi pelajar dan santri di Kubu Raya dan selanjutnya juga akan dilakukan di kabupaten/kota lainnya di Kalbar," kata Muda Mahendrawan.

Bupati menyampaikan, vaksinasi untuk 4000 pelajar dan santri ini dipusatkan di SMA Taruna Bumi Khatulistiwa dan jumlah itu tidak hanya dari SMA Taruna saja, melainkan ada juga SMA, Madrasah Aliyah lainnya di Kubu Raya termasuk juga SMP dan Madrasah Tsanawiyah.

“Alhamdulillah, untuk vaksinasi pelajar dan santri di Kubu Raya berjalan lancar dan tidak ada penolakan apapun, karena selama ini kita juga memberikan pemahaman dan edukasi kepada semua masyarakat dan orang tua murid, termasuk proses screeningnya yang dilakukan melalui pemeriksaan dokter-dokter kita," tutup bupati.

Vaksinasi massal bagi pelajar dan santri di SMA Taruna Bumi Khatulistiwa ini juga di hadiri Kepala Kesbangpol Provinsi Kalbar Hermanus, Wakil Bupati Kubu Raya Sujiwo, Ketua DPRD Agus Sudarmansyah, Dandim 1207 Pontianak Kolonel Infantri Jajang Kurniawan, Kapolres Kubu Raya AKBP Jerrold Hendra Josef Kumontoy, Kepala Dinas Kesehatan Kubu Raya Marijan dan Kepala Dinas Pendidikan Muhammad Ayub.