Hadiri HAN Ke-37, Pj Bupati Muara Enim Minta Anak-anak Terus Taati Prokes

Muara Enim - Penjabat (Pj) Bupati Muara Enim Nasrun Umar bersama Forkopimda menghadiri Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) ke-37 dengan tema "Anak Terlindungi, Indonesia Maju" di Gedung Kesenian Putri Dayang Rindu, Kota Muara Enim, Rabu (29/9).

"Selamat memperingati Hari Anak Nasional ke-37 tingkat Kabupaten Muara Enim tahun 2021, terkhusus saya sampaikan kepada anak-anak di Kabupaten Muara Enim, Bumi Serasan Sekundang," ucap HNU, sapaan akrabnya.

Ia juga mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk memaknai penyelenggaraan hari anak ini tidak hanya sekedar seremoni belaka, melainkan harus

dimaknai sebagai bentuk perhatian besar dan kesadaran kita dalam melindungi dan mewujudkan pemenuhan hak dasar anak yang meliputi hak kelangsungan hidup, hak tumbuh

kembang, hak perlindungan, hak partisipasi dan hak identitas anak di Kabupaten Muara Enim sesuai dengan UU No. 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak.

Dirinya menerangkan, Pemkab Muara Enim berkomitmen untuk melindungi dan mewujudkan pemenuhan hak anak, salah satunya melalui usaha kita bersama dalam mewujudkan Kabupaten Layak

Anak (KLA) yang Alhamdulilah pada tahun ini

Muara Enim berhasil mendapatkan penghargaan KLA dengan predikat Madya dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI.

Namun, menurut HNU, yang terpenting bukanlah penghargaan yang kita kejar, melainkan bentuk konkret atau aksi nyata dalam perlindungan dan pemenuhan hak-hak anak di Bumi Serasan Sekundang ini.

"Kepada anak-anakku sekalian, bapak berpesan

kalaulah pembelajaran tatap muka sudah kembali dibuka, maka teruslah taati protokol kesehatan (prokes) COVID-19, pakai masker, jaga jarak dan jangan berkerumun serta  manfaatkanlah kesempatan dengan baik untuk melakukan hal-hal yang positif, belajar yang rajin, banyak membaca, rajin beribadah, hormat kepada orang tua, sayangi sesama teman, teruslah berprestasi dan jangan lupa untuk memiliki cita-cita yang tinggi dengan selalu berdoa kepada Allah SWT serta tentu kepada seluruh orang tua dan keluarga, tolong jaga dan lindungi anak-anak kita. Ciptakan lingkungan agar mereka merasa aman, nyaman dan bahagia," pinta HNU

Dalam kesempatan tersebut pula, Pj Bupati Muara Enim secara resmi mengukuhkan Pusat Pembelajaran Keluarga (Puspaga) "BERLIANA" (Bersama Lindungi Keluarga dan Anak Kita) periode 2021-2023 dan juga mengukuhkan Bunda Hj Renny Devi A Nasrun Umar sebagai Bunda Forum Anak Serasan Sekundang periode 2021-2023.

Nampak hadir dalam peringatan HAN tersebut, Pj. Sekretaris Daerah, para Staf Ahli, Asisten III, para Kepala Perangkat Daerah Lingkup Pemkab. Muara Enim, para Ketua Gabungan Organisasi Wanita se-Kab. Muara Enim dan tentunya anak-anak Bumi Serasan Sekundang.