Wabup Rohul Ajak Masyarakat Pahami Nilai-nilai Pancasila

Rohul -  Peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun 2021 di tengah pandemi COVID-19 tetap berlangsung dengan menerapkan protokol kesehatan. Upacara Hari Kesaktian Pancasila dipimpin langsung Presiden Joko Widodo di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya Jakarta Timur, Jumat (1/10).

Pelaksanaan Upacara Hari Kesaktian Pancasila tahun 2021 mengangkat tema " Indonesia Tangguh Berlandaskan Pancasila".

Di Kabupaten Rokan Hulu, Hari Kesaktian Pancasila tahun 2021 digelar secara virtual di Aula Lantai 3 Kantor Bupati dengan dihadiri Wakil Bupati Indra Gunawan, Kapolres Rohul AKBP Eko Wimpiyanto Hardjito SIK, Dandim 0313/KPR diwakili oleh Pabung Rohul Kapten Inf Asril Samik, Kajari Rohul Pri Wicaksono, Serta beberapa Pejabat Eselon II dilingkungan Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu.

Pelaksanaan Peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun 2021 ini berlangsung khidmat dan lancar.

Wakil Bupati Indra menyampaikan saat dikonfirmasi media bahwa Pemerintah Rokan Hulu sengaja tidak dilakukan upacara langsung mengingat masih dalam masa pandemi COVID-19, akan tetapi Pelaksanaan Upacara tetap diikuti secara Virtual langsung bersama pemerintah pusat yang dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo.

Wabup juga menyampaikan dimana Hari Kesaktian Pancasila ini bertujuan mengingatkan kita akan perjuangan para pahlawan revolusi yang telah gugur oleh kebejatan komunis dalam gerakan yang dikenal dengan G30S/PKI tahun 1965 dengan menyebarkan fitnah akan adanya gerakan dewan jenderal.

Dirinya juga mengingatkan dimana dengan Hari Kesaktian Pancasila ini membuat kita tahu akan peran penting dari makna Pancasila yang tersusun dalam tatanan Kepemerintahan Indonesia. Dimana Ketuhanan Yang Maha Esa bermakna di Negara Indonesia setiap Paham agama diberikan kebebasan dalam memeluk agama dan kepercayaan masing-masing, kemanusiaan yang adil dan beradab bermakna kesetaraan antar semua manusia, Persatuan Indonesia bermakna setiap Warga Negara Indonesia memiliki tempat untuk berteduh dan berlindung, kerakyatan yang dipimpin oleh khidmat kebijaksanaan dalam Permusyawaratan dan perwakilan bermakna untuk dapat saling menghargai pendapat dan pandangan orang lain dengan tidak memaksakan kehendak serta Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia bermakna saling bahu-membahu dan bergotong royong demi mewujudkan kemakmuran dan kesejahteraan.

Wabup Indra juga mengajak seluruh masyarakat Rokan Hulu agar dapat memahami makna Pancasila dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya sebagai pandangan hidup dalam sikap sehari-hari.