Kampung Tana Kaka Terbakar, Bupati Sumba Barat Turun Langsung ke Lokasi

Dedekadu - Bupati Sumba Barat Agustinus Niga Dapawole meninjau langsung lokasi kebakaran di Kampung Tana Kaka, Desa Dedekadu, Kecamatan Loli, Kabupaten Sumba Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Senin (20/4).

Kejadian tersebut terjadi pada Senin dini hari pukul 03.00 WIT, yang menyebabkan empat unit rumah terbakar.

Sampai saat berita ini dibuat belum diketahui pasti penyebab kebakaran, dugaan sementara api berasal dari sisa kayu bakar di dapur yang beratap alang. Sisa api pada kayu bakar tersebut diduga memicu terjadinya kobaran Si Jago Merah dan terjadilah kebakaran yang menghanguskan rumah tersebut," kata salah satu keluarga korban.

Bupati Dapawole saat berada di lokasi kejadian menyampaikan keprihatinan mendalam kepada korban dan keluarga atas musibah tersebut.

"Saya secara pribadi dan keluarga merasa prihatin atas musibah ini," ucap Dapawole.

Bupati bersyukur dalam peristiwa kebakaran ini tidak sampai menimbulkan korban jiwa.

"Saya mengimbau agar keluarga korban sabar dan tabah menerima musibah ini, selain itu jangan ada saling menyalahkan, mari lihat secara jernih bahwa ini ujian dari Yang Maha Kuasa," pesan Dapawole.

Bupati Dapawole juga langsung melakukan koordinasi dengan pihak terkait dan juga telah memerintahkan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumba Barat Yohanes Chr. Loebalu untuk segera membantu keluarga korban kebakaran.

Bupati Dapawole juga meminta pemerintah desa dan kecamatan untuk segera berkoordinasi dengan pihak terkait agar keluarga korban segera mendapatkan bantuan untuk bisa menjalani kehidupan secara layak pascamusibah tersebut.

Di lokasi kejadian, satu unit mobil pemadam milik Pemkab Sumba Barat dikerahkan untuk memadamkan sisa-sisa api agar tidak merambat dan memicu kebakaran baru.

Kebakaran ini menyebabkan kerugian materil berupa bahan makanan (padi, jagung dan dokumen penting lainnya), dan saat ini korban musibah tersebut telah mengungsi sementara ke rumah kerabat.