Pemkab Tanah Datar Gandeng Polda Sumbar Gelar Serbuan Vaksinasi

Batusangkar - Pemerintah Kabupaten Tanah Datar berkolaborasi dengan Polda Sumatera Barat menggelar Serbuan Vaksinasi Massal yang diselenggarakan di kawasan Sentra Tenun Yayasan Kriya Minangkabau, Nagari Tigo Jangko Kecamatan Lintau Buo, Senin (4/10).

Kapolda Sumbar Irjen Pol Teddy Minahasa Putra bersama Bupati Tanah Datar Eka Putra tinjau langsung kegiatan tersebut. Ikut mendampingi Kapolda Karo Ops Polda Sumbar Kombes Pol Djadjuli, Karolog Polda Sumbar Kombes Suranta Pinem, Dirlantas Polda Sumbar Kombes Pol Yofie Girianto Putro, Kabid Humas Kombes Pol. Stake Bayu Setianto, Kabid Kum Polda Sumbar Kombes Pol Nina Febrilinda, dan Kabid Dokkes Polda Sumbar Kombes Pol Drg. Lisda Canser.

Kapolda Irjen Pol Teddy Minahasa dikesempatan itu mengapresiasi antusias masyarakat maupun pelajar yang berbondong-bondong melakukan vaksin. Pihaknya juga mendukung program vaksinasi agar terealisasi sebanyak-banyaknya terutama di wilayah Sumatera Barat sendiri.

"Saat ini di Sumatera Barat kita lihat kesadaran dan antusias warga untuk melakukan vaksinasi sangat tinggi, jadi tidak perlu dipaksa-paksa atau diimbau. Dan kita sangat mengapresiasi itu, kita berharap dengan kondisi ini capaian dan realisasi vaksinasi di Sumbar bisa maksimal," ujar kapolda.

Setidaknya 450 vaksin tersalurkan dalam agenda Serbuan Vaksinasi Massal tersebut, yang sasarannya terdiri dari pelajar dan masyarakat umum se-Kecamatan Lintau Buo. Dalam vaksinasi itu, setelah divaksin para peserta juga diberi bingkisan.

Kapolda menyebutkan jika perbedaan antusiasme warga terlihat seiring waktu, dimana pada tahap awal dahulu masih minim warga yang ingin di vaksin. Namun, akhir-akhir ini terbilang cukup tinggi. Ini terbukti setidaknya 450 vaksin tersalurkan dalam agenda tersebut dengan sasaran pelajar dan masyarakat umum se-kecamatan Lintau Buo.

"Bagi saya ini menandakan tingkat kesadaran masyarakat termasuk di Tanah Datar sendiri sudah mulai tumbuh, dan menganggap jika vaksinasi itu suatu kebutuhan hingga tidak perlu lagi dipaksa-paksa," ucapnya.

Kapolda Irjen Pol Teddy Minahasa juga mengatakan, jika saat ini vaksinasi memang digencarkan melalui berbagai pihak, mulai dari pemerintah pusat hingga kabupaten/kota, TNI, dan Polri sendiri dengan capaian agar timbulnya herd immunity masyarakat terhadap COVID-19.

"Harapan saya juga seperti itu, dimana masyarakat Sumbar mencapai healt immunity tahap pertama, apalagi di Sumbar ini masyarakatnya intelektual, sehingga tingkat kesadarannya dapat melebihi. Ini bukan hanya program Kepolisian saja akan tetapi semua pihak. Tentunya dengan itu kita berharap dapat terealisasi sebanyak-banyaknya, " tukas Kapolda.

Sementara itu, Bupati Tanah Datar Eka Putra mengatakan, saat ini realisasi vaksinasi di Tanahdatar hampir mencapai 25 persen lebih dari target 30 persen hingga akhir tahun ini.

"Kami mohon dukungan dan doa semua agar bisa tercapai," pinta Bupati Eka.

Bupati juga menyampaikan terima kasihnya kepada pihak Kepolisian baik Polda maupun Polres Tanah Datar serta semua yang terlibat dalam kegiatan ini.

"Seperti sama-sama kita lihat, saat ini antusias pelajar dan warga sangat tinggi. Hal ini tentunya membuat kami lebih semangat lagi. Karena kita tahu vaksinasi ini merupakan benteng terakhir bagi tubuh kita dalam melawan virus covid 19," ujar bupati.

Sebelum peninjauan pelaksanaan vaksinasi massal, Kapolda bersama Bupati dan rombongan juga meninjau sentra tenun.

Pada kegiatan itu juga hadir Ketua DPRD Tanah Datar Roni Mulyadi, Forkompimda Kabupaten Tanah Datar, Ketua TP PKK Lise Eka Putra, Kepala OPD, Camat Lintau Buo dan beberapa undangan lainnya.