Bupati Kapuas Minta OPD Realistis Prioritaskan Kegiatan

Kuala Kapuas - Pemerintah Kabupaten Kapuas melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun Anggaran 2021 di Aula Kantor Bappeda Kuala Kapuas, Kalimantan Tengah, Senin (20/4).

Musrenbang tingkat kabupaten ini dibuka secara langsung oleh Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat, dan dirangkaikan dengan Penandatanganan Berita Acara Kesepakatan Terhadap Substansi Rancangan RKPD Tahun 2021 oleh empat orang perwakilan yaitu Wakil Ketua I DPRD Kapuas Yohanes, Sekda Kabupaten Kapuas Masrani, Camat Selat Noor Rahman, dan Tokoh Agama J. S. Lamon.

Pemkab Kapuas menggelar Musrenbang ini dengan mengedepankan protokol kesehatan pencegahan virus corona lewat 'physical distancing' dengan mengurangi jumlah peserta dan mengoptimalkan pemanfaatan fasilitas teknologi informasi dan komunikasi secara virtual (online).

Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat mengatakan, RKPD yang telah diusulkan dan diakomodir harus dievaluasi kembali mana kegiatan yang harus difokuskan dan diprioritaskan untuk dilaksanakan.

"Perlu adanya perencanaan dan harus koordinasi dengan camat yang benar-benar mengetahui permasalahan di wilayahnya," ujar Ben.

Ben menegaskan, dengan adanya perencanaan yang baik dan matang, maka pelaksanaan kegiatan akan bertambah ringan, baik dalam hal pengawasan dan pemeliharaan.

"Kita harus jeli dan banyak mendengar informasi dari camat, apa sebenarnya kebutuhan utama di daerahnya, itu dulu yang kita kejar," tegasnya.

Untuk OPD, Ben meminta agar mengekspos satu per satu kegiatan akan diprioritaskan, harus benar-benar realistis, jangan asal-asalan, karena semua harus bekerjasama, kerja cepat dan selalu berkoordinasi satu sama lain.

Terkait situasi pandemi COVID-19 saat ini, Bupati Ben menekankan agar semua pihak bergerak cepat, penjagaan harus semakin diperketat, apabila ada masyarakat yang yang tidak memiliki KTP domisili Kapuas, harus diminta untuk kembali ke daerah asalnya, kecuali dengan kondisi tertentu.

"Saya mengutamakan keselamatan masyarakat di Kabupaten Kapuas. Buat imbauan di jalan-jalan untuk menghindari virus corona. Minta masyarakat mmembatasi aktivitas di luar, menjaga kebersihan rumah dan lingkungan, selalu mencuci tangan dengan sabun di air yang mengalir, jaga jarak dalam berinteraksi minimal 1,5 meter, dan tidak berkegiatan dengan banyak orang," tuturnya.