4.791 Siswa SD-SMP Tanah Datar Terima Bantuan Pendidikan

Batusangkar - Wakil Bupati Tanah Datar Richi Aprian bersama Ketua Baznas Yasmansyah menyerahkan bantuan pendidikan kepada 4.791 siswa SD dan SMP se-Tanah Datar, di Aula Dinas Pendidikan, Pagaruyung, Senin (4/10).

Pada kesempatan tersebut, Wabup Richi Aprian menyampaikan dukungan dan apresiasi atas program yang digagas Baznas Tanah Datar ini.

“Program ini sejalan dengan visi dan misi Tanah Datar tahun 2021-2026. Program Tanah Datar Cerdas, senada dengan misi ke tiga yakni meningkatkan sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing serta meningkatkan kehidupan beragama, beradat dan berbudaya,” ujarnya.

Wabup Richi juga berharap bantuan yang diberikan bisa membantu untuk memenuhi kebutuhan siswa.

“Manfaatkanlah bantuan yang anak-anak terima ini dengan bijak, yang paling utama gunakan untuk menunjang proses pendidikan," pesan Wabup Richi.

Wabup juga mengungkapkan, Pemerintah Kabupaten Tanah Datar di bidang pendidikan siap membantu biaya dari keluarga kurang mampu mulai dari tingkat dasar sampai yang lulus perguruan tinggi negeri.

“Komitmen kita jelas, tidak ada anak Tanah Datar yang tidak ada biaya untuk melanjutkan pendidikan apalagi gagal masuk perguruan tinggi dengan alasan biaya, dan Alhamdulillah Baznas juga mendukungnya dengan salah satu programnya seperti hari ini,” kata Richi.

Di akhir sambutannya, dirinya berharap ASN Tanah Datar untuk menyalurkan zakatnya kepada Baznas.

“Mari kita dukung berbagai program Baznas Tanah Datar untuk kemaslahatan masyarakat kita dengan menyalurkan zakat, infak dan sedakah di Baznas,” ujar Richi.

Sementara itu, Ketua Baznas Tanah Datar Yasmansyah menyampaikan, bantuan ini dinamakan Program Tanah Datar Cerdas.

“Salah satu program Baznas adalah program ini yang juga sebagai bentuk dukungan kepada visi dan misi Tanah Datar di bidang pendidikan,” ujarnya.

Dikatakan Yasmansyah, bantuan yang diserahkan untuk siswa sebanyak 4.791 orang yaitu 2.500 siswa SD/MI masing-masing Rp 400 ribu, 2.000 siswa SMP/MTs masing-masing Rp500 ribu dan untuk program tahfiz sebanyak 286 orang terdiri dari 214 tingkat SD masing-masing Rp500 ribu dan 72 orang tingkat SMP/MTs sebesar Rp600 ribu dengan total Rp2.153.200.000 yang berasal dari zakat ASN, pengusaha dan muzaki gerakan cinta zakat.