Pemkab Pandeglang Gelar Lomba UKS Tingkat SD-SMP

Pandeglang – Pemerintah Kabupaten Pandeglang melalui Bagian Administrasi Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah menggelar Lomba Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) tingkat SD/MI dan SMP/MTS se-Kabupaten Pandeglang di Hotel Wira Carita, Selasa (12/10).

Dalam pembukaan kegiatan tersebut, Pj Sekretaris Daerah Kabupaten Pandeglang Taufik Hidayat berpesan kepada seluruh pengurus UKS untuk menjalankan program nya, “UKS memang sudah sejak dulu kita kenal, tetapi anak-anak kita sebagai pelajar dan generasi penerus bangsa harus kita perkenalkan sejak dini mengenai Usaha Kesehatan Sekolah, ada beberapa indikator yang perlu diterapkan dan perlu diaplikasikan, memang kelihatannya simpel program UKS ini, akan tetapi prakteknya tidaklah semudah teori. Maka peran pengurus UKS harus terus menerapkan kedisiplinan mengenai kesehatan di lingkungan sekolah nya masing-masing”, pesannya.

Taufik menjelaskan, arti penting pemberian pemahaman UKS bagi para pelajar, yang notabene masih berusia relatif sangat muda.

“Dengan penerapan sejak dini tentu para pelajar akan memiliki pengetahuan, sikap dan keterampilan untuk melaksanakan prinsip hidup sehat, serta berpartisipasi aktif dalam usaha peningkatan kesehatan disekolah," jelasnya.

“Tujuan lainnya agar para generasi muda memiliki kesehatan baik kesehatan fisik, mental, sosial, maupun lingkungan, serta memiliki daya hayat dan daya tangkal terhadap pengaruh buruk lingkungan sekitar seperti penyalahgunaan narkoba, alkohol, kebiasaan merokok serta kebiasaan buruk lainnya," pungkasnya.

Dalam kesempatan itu, Ketua Pelaksana Kegiatan Bedi Jubaedi menjelaskan kegiatan ini akan berlangsung selama dua hari dengan jumlah peserta sebanyak 209 orang.

"Peserta terbagi menjadi Dokter Kecil sebanyak 70 orang, Cerdas Cermat Dokter kecil 105 orang, dan Cerdas Cermat KKR SMP 105 orang," ujarnya.