Kota Tasikmalaya Raih Penghargaan APE Tingkat Madya

Tasikmalaya - Kota Tasikmalaya, Provinsi Jawa Barat, kembali memperoleh Anugerah Parahita Ekapraya (APE) tingkat Madya untuk kedua kalinya dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA). Sebelumnya Tasikmalaya menerima penghargaan yang serupa pada 2018 lalu atas komitmen pemerintah daerah dalam upaya mewujudkan kesetaraan dan keadlian gender terutama upaya dalam pengarusutamaan gender.

Wali Kota Tasikmalaya Muhammad Yusuf mengatakan, penghargaan ini merupakan hasil dari kerjasama antarperangkat daerah yang berkoordinasi dengan perguruan tinggi, dunia usaha, serta media massa.

Selain itu, Yusuf juga mengatakan bahwa penghargaan ini sebagai hasil dari kebijakan di Kota Tasikmalaya termasuk bantuan dari Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPP3A).

Yusuf juga menjelaskan, terdapat 11 upaya yang dilakukan untuk mendukung perolehan Anugerah Parahita Ekapraya tingkat Madya di Kota Tasikmalaya, antara lain :

1. Penyusunan Rencana Aksi Daerah

2. Pengarusutamaan Gender

3. Pelatihan Perencanaan responsif gender bagi perangkat daerah se-Kota Tasikmalaya dengan narasumber dari beberapa perguruan tinggi

4. Peningkatan peranan vocal point PUG di Kota Tasikmalaya, bekerja sama dengan SNV Netherlands Development Organitation

5. Penguatan Pokja Pengarusutamaan Gender

6. Pembinaan Organisasi Perempuan se-Kota Tasikmalaya

7. Pembinaan Perempuan Kepala Keluarga se-Kota Tasikmalaya

8. Kerjasama dengan perguruan tinggi di Kota Tasikmalaya

9. Sosialisasi kekerasan terhadap perempuan dan anak se-Kota Tasikmalaya

10. Kegiatan Peningkatan Peranan Wanita bagi Keluarga Sehat Sejahtera

11. Kegiatan dari Organisasi Perempuan yang tersebar di Kota Tasikmalaya (PKK, Dharma Wanita Persatuan, dll)

Selain upaya tersebut terdapat juga pembangunan infrastruktur dalam mendukung pengarustamaan gender di Kota Tasikmalaya, antara lain :

1. Pembuatan Taman Kota dan Taman Ramah Anak

2. Kampung Literasi (Kalista)

3. Penyediaan Ruang Laktasi di beberapa tempat umum seperti perkantoran, supermarket, stasiun, dsb

4. Penyediaan Trotoar untuk Disabilitas

5. Penyediaan Toilet untuk Disabilitas

“Pemkot akan terus berusaha dalam meningkatkan perolehan penghargaan APE ini, akan tetapi harus ada komitmen dan partisipasi dari masyarakat secara menyeluruh. Mudah-mudahan Kota Tasikmalaya dapat lebih baik dalam pengarusutamaan gender," pungkasnya.