Kapolres Rohul Lantik Pengurus Pokdar Kamtibmas

Rohul - Kapolres Rokan Hulu (Rohul) AKBP Eko Wimpiyanto Hardjito melantik pengurus Kelompok Sadar Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Pokdar kamtibmas) di Ruang Rupatama Polres Rohul, Jumat (15/10).

Hadir dalam pelantikan ini, Bupati Rokan Hulu Sukiman, Wakapolres Rohul Kompol Adi Prabowo, serta para kasat dan pengurus Pokdar Kamtibmas yang akan dilantik.

Adapun Pengurus Pokdar Kamtibmas Resor Rohul yang dilantik Polres Rohul Masa Bhakti 2021-2024, sebagai Ketua Supratman dan Wakil Ketua Hendrik Halawa, serta Sekretaris Yosep Yanto Siahaan.

Pada kesempatan tersebut, kapolres menyampaikan tugas fungsi Pokdar Kamtibmas sebagai kepolisian terbatas yang mempunyai wewenang, apabila ada permasalahan di tengah masyarakat bisa diselesaikan terlebih dahulu oleh Pokdar Kamtibmas melalui kekeluargaan dengan cara musyawarah.

"Pokdar Kamtibmas harus  menjalin kemitraan masyarakat dengan Polri dalam peningkatan kesadaran hukum dan cagah tangkal gangguan kamtibmas," ungkap Kapolres Wimpi.

Dirinya menambahkan bahwa Pokdar itu senantiasa harus hadir di tengah masyarakat untuk memberikan suluh dalam meningkatkan kesadaran kamtibmas dan Hukum, sekaligus menjadi contoh dan teladan bagi masyarakat. Selain itu, membangun komunikasi dalam memelihara situasi kamtibmas serta mendorong partisipasi masyarakat dalam menumbuh kembangkan daya cegah tangkal dini terhadap segala bentuk gangguan kamtibmas.

Kapolres juga mengajak masyarakat untuk menciptakan situasi yang aman dan kondusif.

“Jika ada permasalahan yang terjadi, agar kita tidak melakukan tindakan yang main hakim sendiri, karena  Pokdar Kamtibmas  ini merupakan tugas pengabdian,” sebutnya.

Kapolres Rohul menegaskan Anggota Pokdar Kamtibmas, agar bisa menciptakan suasana aman dan tertib  pada masyarakat.

"Ini perlu buktinya nyata,  kemudian  seperti apa  konsistensi itu kita untuk mewujudkan," tuturnya.

"Tentu soal  ini, rekan-rekan  yang menjawabnya, semua  masyarakat kita harus kita pastikan aman dan nyaman. Dengan dilantiknya pengurus ini jadi salah satu kekuatan kita dalam mengelola dan menjaga, serta memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat di Rohul," tandasnya.

Sementara itu, Bupati Rokan Hulu Sukiman menyampaikan ucapan selamat dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Kapolres beserta seluruh jajaran yang telah berupaya untuk menciptakan suasana aman dan tertib  di daerah Negeri Seribu Suluk ini.

"Dengan pembentukan Pokdar Kamtibmas ini merupakan salah satu upaya kita dalam memberikan pemahaman dan keamanan lebih di tengah masyarakat, tentunya tugas para anggota ini cukup berat, untuk menciptakan suatu lingkungan yang aman, damai yang tenteram," katanya.

"Untuk mewujudkan tujuan kita  itu harus di awali dari diri kita sendiri, bukan dari orang lain, kalau diri kita sudah dapat melakukannya dengan baik maka kita akan bisa memberikan contoh yang baik kepada masyarakat," katanya.

Bupati Sukiman menerangkan, untuk menciptakan keamanan ketertiban masyarakat, ini mesti harus terbentuk dari diri, kemudian  suatu kelompok yang sadar tentang perlunya keamanan ketertiban masyarakat.

"Oleh karena itu tentunya, jaga  sikap, perilaku dan  ucapan yang terpuji yang harus dihadirkan di tengah masyarakat kita, Untuk itu, kami berharap bapak ibu bisa menjadi contoh bagi orang lain, jangan kerjakan sebaliknya,  kehadiran kita harus  menyenangkan, bukan menyusahkan orang, apalagi menyusahkan Polisi, apalagi Polisi dan TNI dengan kehidupan sehari-hari sudah dibekali dengan sikap disiplin, jangan sampai kita tidak menerapkannya," ungkap Bupati Sukiman.

Perlu diketahui, sambungnya, kehidupan masyarakat Rohul yang beraneka ragam, suku, agama, ras, dan antar golongan, tentu harus saling menghargai antara satu dengan yang lain.

"Dan semoga keharmonisan ini tetap terjaga hingga di kemudian hari," pungkasnya.