Pemkab Aceh Barat Raih Penghargaan WTP dari Kemenkeu

Meulaboh - Pemerintah Kabupaten Aceh Barat menerima plakat dan piagam penghargaan dari Kementrian Keuangan RI atas tercapainya opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang ditetapkan oleh Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) terhadap laporan keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten Aceh Barat tahun 2020.

Plakat dan Piagam penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jendral Pembendaharaan (DJPb) Aceh, Syafriadi kepada Bupati Aceh Barat Ramli MS di ruang rapat bupati, Selasa (19/10).

Dalam sambutannya, Ramli MS mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Keuangan RI melalui Kanwil DJPb Aceh yang telah memberikan plakat dan piagam penghargaan tersebut atas raihan opini WTP yang telah di berikan oleh BPK beberapa waktu lalu.

"Penghargaan ini merupakan suatu kehormatan bagi Pemerintah Kabupaten Aceh Barat yang telah meraih opini WTP tujuh kali berturut-turut," ujar Ramli MS.

Menurutnya, hal tersebut akan menjadi motivasi bagi Pemkab Aceh Barat untuk terus meningkatkan kinerja khususnya dalam pengelolaan keuangan daerah sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

Ramli mengatakan, WTP yang di raih Pemkab Aceh Barat ini merupakan kerja keras dari semua lini pemerintahan baik dari tingkat Kabupaten hingga desa yang bahu membahu untuk mewujudkan tata kelola keuangan daerah yang akuntabel, transparan, dan bertanggung jawab.

Dengan tata kelola keuangan yang baik, kata Ramli MS, diharapkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan kepercayaan masyarakat akan ikut meningkat sehingga nantinya akan bermuara pada percepatan pembangunan daerah guna memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Untuk itu, dirinya meminta kepada semua instansi  di lingkup Pemkab Aceh Barat agar terus bekerja secara profesional dan bertanggung jawab guna mempertahankan predikat WTP ini di tahun-tahun berikutnya.

"Jangan dulu merasa puas atas raihan WTP ini, namun jadikanlah hal tersebut sebagai pemacu dalam menyempurnakan tata kelola keuangan daerah sesuai dengan aturan yang berlaku," pungkasnya

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jendral Pembendaharaan (DJPb) Aceh Syafriadi menyampaikan bahwa penyerahan plakat dan piagam penghargaan tersebut merupakan amanat yang diberikan oleh Kementrian Keuangan untuk Kabupaten Aceh Barat atas capaian laporan keuangan Pemerintah daerah tahun 2020 yang berhasil meraih penghargaan tertinggi yaitu predikat WTP dari BPK selama tujuh kali berturut-turut.

"Ini adalah bentuk apresiasi yang diberikan Kementrian Keuangan kepada Kabupaten/kota yang berhasil meraih predikat WTP selama 5 kali berturut-turut, dan Pemkab Aceh Barat telah mendapatkan predikat tersebut sebanyak tujuh kali," ucap Syafriadi.

Ia berharap penghargaan yang diberikan ini bisa menjadi motivasi bagi Pemerintah Kabupaten/kota di seluruh Aceh guna mewujudkan pengelolaan laporan keuangan daerah secara profesional, transparan dan bertanggung jawab.

Turut hadir dalam acara tersebut, kepala KPPN Meulaboh, para asisten di lingkup Setdakab Aceh Barat, serta para kepala SKPK terkait.