Pemkab Sigi Ikuti Musrenbang RKPD 2021 Provinsi Sulteng

Sigi - Sekretaris Daerah Kabupaten Sigi Muhammad Basir didampingi oleh kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah Kabupaten Sigi dan kepala Dinas Kominfo Sigi mengikuti Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) 2020 dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Provinsi Sulawesi Tengah Tahun 2021 melalui konferensi video.

Musrenbang RKPD Sulteng 2020 tersebut mengusung tema "Mewujudkan Daya Saing Sulawesi Tengah Melalui Peningkatan SDM, Pemerataan Pembangunan Infrastruktur dan Pertumbuhan Ekonomi Berkualitas".

Musrenbang tersebut dipimpin oleh Menteri Perencanaan dan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas, Menteri Dalam Negeri yang diwakili staf khusus, bersama Gubernur Sulawesi Tengah, Ketua DPRD Provinsi Sulawesi Tengah, seluruh bupati dan wali kota se-Provinsi Sulawesi Tengah, instansi vertikal dan Forkopimda Provinsi Sulawesi Tengah, Senin (27/4).

Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa menyampaikan, tahun 2021 Indonesia akan berfokus pada peningkatan kesiapsiagaan di masa pra bencana dan penguatan sistem operasi tanggap darurat.

"Sedangkan yang menjadi fokus alokasi rencana kegiatan pembangunan tahun 2021 adalah pemulihan industri, pariwisata dan investasi. Kemudian, reformasi sistem kesehatan nasional, serta penguatan sistem peringatan bencana," ucap Suharso.

Selain itu, ujarnya, pemerintah daerah harus memperkuat perannya dalam pengendalian serta revitalisasi pasca COVID-19, seperti meminimalisir penyebaran pandemi, refocusing APBD, menjaga ekonomi lokal, serta pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat.

Di tempat yang sama, Gubernur Sulteng Longki Djanggola menegaskan, arah kebijakan pembangunan Provinsi Sulawesi Tengah, yakni tindakan lanjutan kegiatan pemulihan dan pembangunan kembali wilayah pascabencana 28 September 2020, pencapaian target pembangunan daerah dalam perubahan RPJMD Sulteng 2016-2021, serta selaras dengan kebijakan pembangunan nasional yang terkonsentrasi pada pemulihan ekonomi akibat pandemi COVID-19

Longki menjelaskan, terdapat 6 dari 20 usulan proyek prioritas daerah Provinsi Sulawesi Tengah tahun 2021, yakni pembangunan ruas Jalan Gimpu-Peana-Kalamanta-Sulteng, Luwu Utara batas Sulsel mendukung rantai pasok komoditas ke wilayah Palu, dan pembangunan jalan akses di dalam dan ke luar Kota Palu.

Sementara itu, Sekretaris Daerah M Basir berharap, Kabupaten Sigi dapat diikutsertakan dalam perencanaan pembangunan Provinsi Sulawesi Tengah, terutama dari sektor pertanian dan pariwisata, langkah ini bertujuan untuk menyambut perpindahan ibu kota baru negara ke Kalimantan Timur.