Bupati Sigi Tinjau Lokasi Banjir di Desa Omu

Sigi - Bupati Sigi Mohamad Irwan didampingi kepala bagian humas Setda setempat meninjau langsung lokasi banjir di Desa Omu, serta beberapa titik rawan lainnya di Desa Tuva dan Desa Poi.

"Meski dalam kondisi pandemi COVID-19 dan masih banyak kekurangan, tapi Pemkab Sigi harus cepat dalam menangani bencana banjir ini," ujar Bupati Irwan di Desa Omu, Senin (27/4).

Bupati Irwan juga meninjau jalan alternatif yang bisa dilalui di Desa Tuva sebagai antisipasi jika banjir meluap dan menutup jalur utama. Selain itu, dirinya juga menyempatkan untuk meninjau Posko Penanganan COVID-19 di Desa Omu (Gumbasa) dan Desa Poi (Dolo Selatan).

Berdasarkan laporan kepala Desa Omu, banjir mulai terjadi Minggu (26/4), sekitar pukul 19.30 WITA dan langsung menerjang permukiman warga. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun sejumlah rumah rusak dan mengakibatkan warga harus mengungsi.

Pemerintah desa bersama dengan Pemkab Sigi telah membuat posko di balai pertemuan desa, dan sejumlah bantuan juga telah diberikan oleh BPBD Kabupaten Sigi, serta sejumlah pihak lainnya.

Sementara itu, untuk mengantisipasi banjir susulan, Dinas PU dan Perumahan Kabupaten Sigi telah menyiagakan alat berat eskavator di sejumlah titik, di antaranya di Desa Poi (Dolo Selatan), wilayah Kulawi Selatan dan Sibalaya.