Bupati Pandeglang Apresiasi "PILM" oleh Perpusnas

Pandeglang – Bupati Pandeglang Irna Narulita mengapresiasi acara Peningkatan Indeks Pembangunan Literasi (PILM) di Kabupaten Pandeglang, Banten, yang digelar oleh Perpustakaan Nasional.

Menurutnya, pada era ekonomi kreatif semua dituntut tidak hanya cerdas, melainkan juga kreatif dan produktif, maka perpustakaan berperan penting dalam pelestarian ilmu pengetahuan, informasi, pendidikan, penelitian bahkan termasuk rekreasi.

Hal tersebut disampaikan Irna Narulita saat Pembukaan acara Peningkatan Indeks Pembangunan Literasi (PILM) di Oproom Sekretariat Daerah, Kamis (21/10).

Lebih lanjut Irna mengatakan, kegiatan ini amat selaras dengan Visi-Misi Kabupaten Pandeglang periode keduanya ini, yaitu pandeglang berkah, berdaya saing dan sejahtera.

“Daya saing merupakan kemampuan daerah untuk berkompetisi, dalam pengelolaan berbagai potensi ekonomi. Kegiatan ini pula, akan menjadi pendongkrak kualitas sumber daya manusia yang pada akhirnya akan meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Kabupaten Pandeglang," ujarnya.

“Kami juga sangat berterima kasih kepada Perpusnas RI, Komisi X DPR RI yang telah memberikan bantuan program-program perpustakaan, bantuan mobil perpustakaan keliling, bantuan pojok baca digital, dan penghargaan kepada Ananda Najma Hania Yazid sebagai juara ketiga lomba betutur tingkat nasional tahun 2021," tutupnya.

Senada dengan Bupati Pandeglang, Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan Perpustakaan Nasional RI Deni Kurniadi mengatakan, kegiatan ini memberikan manfaat dan kesadaran serta pemahaman pemerintah daerah tentang pentingnya pembangunan literasi masyarakat dalam meningkatkan daya saing daerah.

“Elaborasi Nawacita sebagai visi misi pembangunan Presiden menghasilkan tujuh agenda pembangunan, diantaranya yaitu meningkatnya sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas. Di mana nafas dari ketujuh agenda pembangunan adalah membangun SDM yang kreatif, dinamis, produktif, terampil," pungkasnya.