Danrem 101 Antasari Resmi Buka Latposko Tameng Manuntung

Martapura - Danrem 101 Antasari Kolonel Inf Firmansyah resmi membuka latihan posko (Latposko) Tameng Manuntung I Tahun 2020 di Aula Makodim Martapura, Selasa (28/4), untuk meningkatkan kemampuan satuan teritorial dan membantu pemerintah dalam penanganan bencana alam.

"Ini merupakan cara latihan taktis tanpa pasukan, untuk memelihara dan meningkatkan hubungan kerja serta meningkatkan kemampuan prosedur hubungan komando dan staf dalam melaksanakan operasi yang mencakup keterpaduan, kerjasama maupun koordinasi dengan kelembagaan terkait pada penanggulangan bencana daerah," katanya.

Menurut Firmansyah, salah satu fungsi TNI dalam melaksanakan operasi militer di luar perang atau pertahanan negara dengan membantu pemerintah daerah dalam menanggulangi bencana alam, pengungsian dan bantuan kemanusiaan.

"Hal ini sudah diatur dalam undang-undang, TNI tergabung dalam Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BBD)," paparnya.

Sementara itu, Dandim 1006 Mtp Letkol Arm Siswo Budiarto menyatakan, digelarnya latihan ini guna mewujudkan kemampuan satuan dan personel agar senantiasa memiliki kesiapan operasi selain perang yaitu dalam rangka penanggulangan wabah COVID-19 di wilayah Martapura dan Kota Banjarbaru.

"Latposko bertujuan untuk meningkatkan hubungan komandan dan staf dalam merencanakan operasi dan melaksanakan Olah Yudha, menyelenggarakan lomando pengendalian operasi serta menyelenggarakan implementasi prosedur dan tata kerja yang berlaku di suatu pos komando," tegas Budiarto. (Kominfo Banjar/Ain/Syadi).