PMI Kubu Raya 'Kepong Bakol' Gelar Vaksinasi Massal

Kubu Raya - Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat secara 'kepong bakop' bersama Dinas Kesehatan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), Dewan Pimpinan Daerah Real Estate Indonesia (DPD REI) Kalbar dan Pimpinan Cabang Persatuan Guru Republik Indonesia (PC PGRI) Sungai Raya menggelar vaksinasi COVID-19 massal di Kafe Evergreen Desa Arang Limbung Kecamatan Sungai Raya, Sabtu (23/10) pagi.

Ketua PMI Kabupaten Kubu Raya Yudhi Hendradi mengatakan, vaksinasi yang menggunakan vaksin Sinovac ini merupakan bagian dari program percepatan vaksinasi nasional COVID-19 oleh PMI.

"Vaksinasi ini juga merupakan dari upaya kami mendukung program pemerintah dalam mengejar 70 persen herd immunity (kekebalan Komunal) di Kubu Raya," ujarnya.

Ketua Pemuda Pancasila Provinsi Kalbar bidang Kesehatan itu menjelaskan, vaksinasi yang digelar hari ini ditargetkan sebanyak 600 orang yang tervaksin dan pihaknya juga memastikan kuota vaksin yang diberikan hari tersedia sesuai dengan jumlah warga yang divaksin.

"Alhamdulillah, antusias warga semakin meningkat untuk divaksin, yang mana berdasarkan data yang kami dapatkan, hingga pukul 11.00 WIB terdapat 350 warga yang sdh tervaksin dan diperkirakan jumlah ini akan terus bertambah, mengingat pelaksanaan vaksin yang digelar hari ini sampai pukul 16.00 WIB," kata Yudhi di sela kegiatan.

Ketua Koperasi Hasta Karya Jaya ini menuturkan, pihaknya juga memastikan ketersediaan vaksin untuk hari ini tercukupi, meski ditargetkan hanya 600 orang, namun kuota vaksin yang diberikan PMI pusat yang disalurkan melalui PMI provinsi Kalbar dan diberikan kepada PMI Kubu Raya itu sebanyak 7.000 dosis.

"Target PMI Kubu Raya untuk vaksinasi itu sebanyak 7.000 dosis yang kita bagi menjadi dua tahap, yang mana 3.500 untuk vaksinasi dosis pertama dan 3.500 lainnya, sedangkan untuk vaksinasi dosis keduanya Insya Allah akan kita lakukan pada bulan November mendatang," ujarnya.

Yudhi menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Pemerintah Desa Arang Limbung, Desa Limbung, Desa Teluk Kapuas dan Desa Parit Baru yang berpartisipasi membantu mensukseskan kegiatan vaksinasi ini.

"Kami juga ucapkan terima kasih kepada Dewan Pimpinan Daerah Real Estate Indonesia (DPD REI) Kalbar bersama PC PGRI Sungai Raya dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kubu Raya yang juga turut mendukung kegiatan vaksinasi yang kami gelar hari," ucapnya.

Sementara itu, Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan di dampingi Ketua TP PKK Rosalina Muda yang datang meninjau pelaksanaan Vaksinasi yang digelar PMI itu mengatakan, Pemerintah Kabupaten Kubu Raya akan terus berusaha mempercepat capaian vaksinasi dengan menggandeng semua pihak dan melalui sebaran vaksinasi desa-desa.

Bupati Muda juga mengajak masyarakat Kubu Raya untuk terus mendukung program percepatan vaksinasi yang dilakukan oleh Pemkab Kubu Raya .

“Agar pandemi COVID-19 segera berakhir, dan kehidupan masyarakat diberbagai sektor dapat pulih dan normal kembali,” imbuh Bupati Muda.

Bupati merasa bangga dan salut keterlibatan PMI bersama PGRI dan DPD REI Kalbar turut kepung bakul membantu percepatan vaksinasi di Kubu Raya, karena dengan adanya parsipatif semua elemen akan memunculkan kesadaran masyarakat untuk divaksin.

Menurut Bupati, tidak semua penyelenggaraan vaksinasi itu diberikan doorprize, karena hal ini merupakan kebutuhan masyarakat dan saat ini masyarakat sudah sadar pentingnya vaksinasi untuk melindungi dan membentengi tubuh mereka dari penyebaran COVID-19.

"Saya yakin tanpa doorprize pun masyarakat mau datang di tempat vaksinasi,karena kita jadikan vaksinasi itu bukan suatu yang luar biasa, karena kita syukuri kesadaran masyarakat Kubu Raya semakin meningkat dan kondisi itu tentunya membentuk sugesti sehat yang baik," jelas bupati.

Vaksinasi yang digelar PMI Kubu Raya ini juga melibatkan puluhan tenaga kesehatan dari Dinas Kesehatan, Puskesmas Sungai Durian dan Rumah singgah.

Kegiatan ini juga dihadiri Kepala Dinas Kesehatan Marijan, Kepala Disdukcapil Kubu Raya Nurmarini Mochtar, Kepala Dishub Odang Prasetyo, Sekretaris DPD REI Kalbar Mansur Zahri, Ketua PC PGRI Sungai Raya Zainansyah Kiran dan seluruh Pengurus PMI Kubu Raya.