Pemkab Aceh Barat Serahkan Ribuan Ternak untuk Warga

Meulaboh - Pemerintah Kabupaten Aceh Barat menyerahkan bantuan ternak berupa 1.200 ekor itik dan 85 ekor kambing kepada masyarakat yang tergabung dalam Kelompok Tani Sabeena, Desa Kuala Manyeu, Kecamatan Panton Reue.

“Bantuan ternak ini diserahkan sebagai upaya untuk meningkatkan kesejahteraan dan pendapatan keluarga bagi masyarakat di tengah pandemi,” kata Bupati Aceh Barat Ramli MS, Sabtu (30/10).

Ia berharap, pemberian bantuan tersebut juga dapat meningkatkan pemulihan ekonomi masyarakat yang terdampak pandemi, sekaligus mewujudkan ketahanan pangan bagi masyarakat.

Ramli MS mengatakan bantuan ternak tersebut merupakan salah satu bentuk kepedulian pemerintah daerah kepada masyarakat, dalam menumbuhkan ekonomi masyarakat khususnya di pedesaan.

“Dengan bergeraknya roda perekonomian masyarakat desa, maka akan berdampak pula pada pertumbuhan ekonomi daerah secara keseluruhan,” kata Ramli MS.

Ia mengatakan sejak dari awal memimpin Aceh Barat di Periode 2007-2012 dan 2017-2022, dirinya sudah berkomitmen untuk memulai pembangunan Aceh Barat ini dari desa dan kemudian diikuti pembangunan di wilayah kota.

Ramli MS berharap bantuan yang diberikan tersebut dapat dimanfaatkan dengan baik guna mendorong peningkatan ekonomi bagi masyarakat.

Dengan adanya pengelolaan bantuan yang baik, bantuan ternak yang diberikan tersebut bisa dikembangkan menjadi lebih banyak lagi.

“Selain untuk memenuhi kebutuhan pangan, ternak ini juga dapat dijadikan sumber pendapatan bagi masyarakat baik daging maupun telur,” kata Ramli MS mengharapkan.

Sementara itu, Kepala Dinas Pangan Provinsi Aceh diwakili Kabid Ketersediaan dan Kerawanan Pangan, Badriah Hasballah mengatakan penyerahan bantuan ternak kepada kelompok tani di Aceh Barat, bertujuan untuk mengatasi kerawanan pangan yang terjadi di desa.

"Bantuan ini diberikan kepada seluruh desa di Aceh yang disinyalir berpotensi terjadinya kerawanan pangan, jadi tidak semua desa mendapat bantuan, tergantung dengan tingkat kerentanan pangan dari masing-masing desa,” ungkap Badriah.

Adapun jenis komiditi yang diberikan kepada kelompok tani sabena tersebut adalah hewan ternak yaitu 85 ekor kambing kacang yang terdiri dari 75 ekor kambing betina dan 10 ekor kambing jantan serta 1.200 ekor bibit itik yang terdiri 1.000 ekor betina dan jantan 200 ekor paparnya.

Ia berharap bantuan ini dapat menjadi motivasi bagi masyarakat untuk terus mengembangkan hewan ternak yang telah diberikan, menjadi lebih banyak lagi sehingga desa ini terbebas dari kondisi rawan pangan serta kesejahteraan masyarakat bisa ikut meningkat.