Bupati Aceh Barat Terima Penghargaan Lencana Melati Pramuka

Meulaboh - Bupati Aceh Barat Ramli M.S. menerima penghargaan Lencana Melati Pramuka dari Kwartir Nasional (Kwarnas) Pramuka yang diserahkan pada Peringatan Hari Pramuka ke-60 tahun di Lapangan Sadakata, Kota Subulussalam, Aceh.

“Lencana Melati adalah tanda penghargaan yang diberikan kepada seorang yang dianggap telah memberikan jasa dan pengabdian yang lebih besar bagi kepentingan Gerakan Pramuka,” kata Ketua Kwartir Daerah Pramuka Aceh Muzakir Manaf di Subulussalam, Senin (1/11).

Selain itu, Sekda Aceh Barat Marhaban mendapatkan penghargaan Lencana Darma Bakti dari Kwarnas Pramuka yang diserahkan oleh Ketua Kwarda Pramuka Aceh.

Muzakir Manaf berharap, penghargaan tersebut memotivasi sejumlah kepala daerah dan pemangku kebijakan di Aceh, agar lebih bersemangat dalam mengembangkan organisasi kepramukaan di daerah masing-masing.

Menurut dia, Pramuka sebagai organisasi yang dapat melahirkan generasi muda berakhlak mulia, santun, mandiri, cinta tanah air, serta dapat mewujudkan karakter seseorang menjadi lebih baik, santun, jujur, dan saling peduli dengan yang lain.

Bupati Aceh Barat Ramli menyatakan bersyukur atas penghargaan Lencana Melati Pramuka. Ia mengaku penghargaan itu semakin memotivasi dirinya selaku kepala daerah untuk lebih memberikan perhatian kepada upaya menggerakkan kepramukaan di Kabupaten Aceh Barat.

“Semoga penghargaan ini semakin meningkatkan semangat dan dedikasi kita semua khususnya jajaran Kwarcab Gerakan Pramuka Aceh Barat,” katanya.

Menurut dia, dinamisasi gerakan pramuka terus ditingkatkan sehingga pendidikan karakter, kebangsaan, dan kecakapan hidup yang sekarang menjadi kebutuhan, termasuk pramuka kekinian, bisa dielaborasi hingga tingkat kwarcab.

Ia menegaskan Pramuka masih menjadi benteng kokoh untuk menolak paham radikalisme, arus globalisasi yang terlalu deras, paham-paham rasisme dan fenomena perundungan di media sosial.

"Melalui gerakan Pramuka inilah anak-anak akan menemukan jati dirinya sebagai manusia Indonesia yang selalu memedomani nilai-nilai Pancasila dam berkehidupan berbangsa dan bertanah air, ini penting sekali," ungkapnya.