Pj Bupati Muara Enim Minta Dekranasda Bantu Kemajuan UMKM

Muara Enim - Penjabat (Pj) Bupati Muara Enim Nasrun Umar menyaksikan pelantikan pengurus Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Muara Enim tahun 2021 yang dilakukan secara resmi oleh Ketua Dekranasda setempat Renny Devi Nasrun Umar di Balai Agung Serasan Sekundang, Senin (1/11).

"Selamat kepada bapak/ibu yang telah dilantik dan dikukuhkan sebagai pengurus Dekranasda Kabupaten Muara Enim 2021, khususnya kepada Renny Devi Nasrun Umar yang dipercaya sebagai ketua, semoga kedepan dalam membantu para pengrajin dan UMKM lokal untuk maju dan tumbuh sehingga mampu meningkatkan perekonomian daerah dapat terwujud," ucap HNU, sapaan akrabnya.

Lebih lanjut, dirinya mengatakan bahwa Dekranasda Muara Enim memiliki tugas besar dalam menggali, melestarikan, membina dan mendorong potensi seni kriya, wastra atau kerajinan lainnya, termasuk kuliner daerah agar mampu berdaya saing sehingga pada akhirnya memberikan kontribusi bagi pembangunan daerah yang bermuara pada kesejahteraan rakyat.

"Sebagai mitra strategis pemerintah dalam pembangunan, saya mengajak Dekranasda Muara Enim untuk menyelaraskan program kerjanya sesuai visi-misi dan program pembangunan melalui perumusan Dekranasdadengan memaksimalkan potensi kerajinan daerah termasuk menjalin kerjasama dengan semua pihak sehingga harapan saya akan peran Dekranasda dalam pembangunan di Bumi Serasan Sekundang dapat benar-benar terwujud,” ujarnya.

HNU juga berpesan kepada para aparatur perangkat daerah yang turut serta menjadi pengurus Dekranasda agar dapat menyinergikan kegiatan maupun program kerjanya dengan mengakomodir dan memfasilitasi program kerja sesuai tugas pokok dan fungsinya masing-masing.

Di akhir sambutannya, HNU meminta Dinas Perdagangan selaku leading sector Gerai Pusat Oleh-oleh Kab. Muara Enim dapat bekerjasama memberikan ruang dan peran kepada Dekranasda untuk turut memaksimalkan keberadaan gerai pusat oleh-oleh  sebagai sentra promosi kerajinan daerah dengan memamerkan produk kerajinan dan buah tangan dari seluruh kecamatan, mengingat gerai tersebut rencananya akan diresmikan pada peringatan HUT Muara Enim pada 20 November mendatang.

Sementara itu, Renny Devi Nasrun Umar berharap keberadaan Dekranasda dapat membantu secara optimal kerja Pemkab Muara Enim dalam membina dan memberdayakan masyarakat khususnya para pengrajin, para pelaku UMKM dan IKM sehingga dapat menjadikan wastra dan kriya menjadi salah satu solusi dalam rangka peningkatan ekonomi masyarakat.

"Mari kita bekerjasama dalam menjalankan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab dan target-target yang jelas sehingga harapan menjadikan Dekranasda sebagai salah satu solusi Pemkab Muara Enim dalam rangka peningkatan ekonomi masyarakat dapat terwujud," ajaknya.