Kadin Kalbar Donasi 2.500 Masker untuk Kubu Raya

Kubu Raya - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Provinsi Kalimantan Barat menyerahkan bantuan masker sebanyak 2.500 lembar kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kubu Raya untuk mencegah penyebaran wabah virus corona (COVID-19).

Bantuan diterima langsung Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan dan selanjutnya akan disalurkan kepada para petugas terkait di wilayah setempat.

"Kami akan bagikan bantuan ini untuk rumah sakit dan puskesmas," kata Bupati Muda, Kamis (30/4).

Muda menilai, kebutuhan masker di masa pandemi COVID-19 sangat tinggi dan pemakaian masker merupakan salah satu cara menangkal virus, bahkan pemakaiannya telah diwajibkan oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat untuk seluruh masyarakat yang berpergian dan beraktivitas di luar rumah.

"Pemkab Kubu Raya mendorong penjahit lokal untuk memproduksi masker kain. Produk masker kain dari penjahit lokal akan dibeli pemkab dan didistribusikan kepada seluruh masyarakat," papar Muda.

Pembuatan masker kain, lanjut Muda, melibatkan para penjahit di Kubu Raya baik melalui koperasi konveksi maupun penjahit mandiri. Sampai dengan saat ini, telah dihasilkan sekitar 50 ribu masker kain penjahit lokal.

"Pembuatan masker kain di Kubu Raya terus berjalan karena masih dibutuhkan pemerintah maupun masyarakat," ujarnya.

Sementara itu, Tim Pengusaha Peduli Kadin Kalbar Ali Uhan mengatakan, selain pemberian masker di Kubu Raya, pihaknya juga membantu sejumlah daerah dan institusi lainnya terkait penanganan wabah COVID-19 di Kota Pontianak, Sekolah Polisi Negara, Polres Kubu Raya, Polresta Pontianak Kota, dan Kodim 1207/BS.

"Mudah-mudahan bantuan ini bermanfaat dan wabah COVID-19 cepat berakhir," tutur Ali.