Evan Ernanda Resmi Pimpin Diskominfo Singkawang

Singkawang – Evan Ernanda resmi mengemban jabatan baru sebagai Kepala Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Singkawang.

Evan dianggap layak memimpin Dinas Kominfo setelah melalui proses seleksi terbuka jabatan pimpinan tinggi pratama yang dilaksanakan pada bulan September hingga Oktober 2021.

Kemampuan dan integritas Evan dalam dunia teknologi dianggap mampu melaksanakan akselerasi transformasi digitalisasi pemerintah dan mengimplentasikan program menuju kota cerdas atau smart city Kota Singkawang.

Ditemui Tim Media Center Singkawang, Evan Ernanda mengatakan Dinas Kominfo sebagai koordinator sekaligus fasilitator Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) dan  Smartcity di Kota Singkawang dituntut mampu pula membuat inovasi inovasi yang adaptif terhadap perubahan dan fokus pada tujuan.

“Jabatan tersebut bukan saja peluang, namun juga tantangan sekaligus cobaan baginya.  tinggal bagaimana kita menjalankan tugas ini dengan baik dan amanah sesuai dengan target, targetnya adalah bagaimana mendukung visi dan misi Singkawang Hebat terkait dengan penguatan birokrasi dan peningkatan pelayanan yang prima bagi masyarakat berbasis IT di Kota Singkawang,” ujarnya.

Ia mengatakan SPBE  dan Smart City Kota di Kota Singkawang saat ini dalam tahap penerapan namun perlu ditingkatkan menjadi yang leveable. Artinya mewujudkan smart city harus dimulai dengan tahapapan smart government dalam mengembangkan layanan masyarakat berbasis inovasi dan teknologi yang sustainable (berkelanjutan), tangguh dan layak bagi masyarakat.

Dinas Kominfo Kota Singkawang kedepan juga harus mampu menerapkan ruang-ruang literasi digital yang nyaman dan sehat bagi masyarakat, infrastruktur teknologi yang memadai, penguatan keterbukaan informasi publik, keamanan sistem teknologi dan pusat data yang menjadi acuan keberhasilan pembangunan

“Tentunya Strategi literasi digital dapat dilakukan secara kolaboratif oleh pemerintah, penyedia platform digital dan masyarakat,” katanya.

Target jangka pendeknya, kata Evan selain penguatan organisasi dan pengembangan SDM bertalenta digital serta fokus pada penguatan peran ungkit Dinas kominfo dalam mengentaskan pandemi Covid-19 di Kota Singkawang dalam peran ungkit termasuk pemenuhan terget vaksinasi, mendukung digitalisasi UMKM perdagangan, dukungan disektor Pariwisata dan keamanan, kerjasama dan integrasi dengan OPD, instansi vertikal, Kepolisian dan TNI dalam hal informasi dan telekomunikasi.

Sementara terkait dengan optimalisasi penyebarluasan informasi penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan, Ia berharap dukungan kemitraan dengan media.

“Kita butuh dukungan teman-teman pers, sebagai unsur Pentahelix dalam memberikan edukasi dan literasi melalui media,” ujarnya.