Ganjar Tekankan Pentingnya Komunikasi Kominfo dan Diskominfo se-Indonesia

Semarang - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menekankan pentingnya komunikasi sebagai upaya menyelesaikan permasalahan kurangnya perhatian kepada Dinas Komunikasi Kabupaten/Kota oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI.

"Komunikasi antara pusat, dalam hal ini Kominfo RI sebagaimana dikeluhkan oleh teman-teman Forum Kadis Kominfo Kabupaten/Kota Seluruh Indonesia (FORK4SI) belum terjalin dengan baik, hal ini bisa diselesaikan dengan sinkronisasi dan membangun pola komunikasi yang baik," ujar Ganjar saat menerima Ketua Umum FORK4SI Haris Suparto Tome dan CEO Antara Digital Media Darmadi di Rumah Dinasnya, Kota Semarang, Rabu (3/11).

Ganjar mengatakan, keluhan merasa tidak diperhatikan oleh Kominfo RI adalah bagian dari dinamika otonomi daerah.

"Begitulah otonomi, ada yang merasakan enak dan ada yang merasa tidak nyaman, begitulah dinamikanya," tegas Ganjar.

Di akhir pertemuan, Ganjar berpesan kepada Dinas Komunikasi dan Informatika se-Indonesia untuk mengidentifikasi masalah komunikasi dengan Kominfo RI, serta mencari jalan keluarnya bersama-sama dengan pusat.

Sementara itu, Ketua Umum FORK4SI Haris Suparto Tome mengundang orang nomor satu di Jateng tersebut untuk membuka Musyawarah Nasional (Munas) FORK4SI yang digelar di Kota Semarang, Kamis (4/11).

"Kami mengundang Pak Ganjar untuk hadir membuka Munas FORK4SI. Selain itu, kami berharap dukungan untuk membantu memecah 'kebuntuan' komunikasi dengan Kominfo RI, bahwa kami di daerah-daerah ini perlu diperhatikan," tegasnya.

Di tempat yang sama, CEO Antara Digital Media mengaku antusias bisa bertemu dengan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo.

Pada kesempatan itu, Darmadi berkesempatan memaparkan program 'Satukan Negeri' kepada orang nomor satu di Jateng itu.

"Kami sebagai anak usaha Perum LKBN ANTARA selaku juru bicara atau humas negara hadir untuk memberikan informasi-informasi mencerdaskan kepada masyarakat. Selain itu, kami juga memfasilitasi teman-teman Dinas Kominfo untuk menginformasikan program dan capaian pembangunan, serta potensi daerahnya masing-masing ke jejaring ANTARA di nasional, dan internasional," ujar Darmadi.

Darmadi secara khusus juga mengundang Ganjar untuk bertandang ke Jakarta dan berkunjung ke kantor LKBN ANTARA.

Mendengar undangan tersebut, Ganjar dengan antusias menjawab siap untuk mengunjungi kantor berita milik negara tersebut.

"Saya tertarik dan apresiasi program 'Satukan Negeri' yang diinisiasi anak usaha ANTARA tersebut. Selain itu, saya siap berkunjung untuk pertama kalinya ke ANTARA, apalagi teman-teman saya juga banyak yang di ANTARA," tutup Ganjar antusias.

Turut hadir, Sekretaris Umum FORK4SI Syaifudin Ahmad dan Kasubdit Kominfo Kementerian Dalam Negeri Ucup Hidayat.