Jumlah ODP di Kabupaten Pulang Pisang Menurun

MEDIA CENTER - Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Pulang Pisau, Muliyanto Budihardjo mengatakan, jumlah orang dalam pemantauan (ODP) menurun.

Dalam Rapat Analisa dan Evaluasi (Anev) di Posko Gugus Tugas Covid-19 Gedung PSC 119 Pulang Pisau, Minggu (3/5/), ia membeberkan, hari ini jumlah ODP berkurang sebanyak tiga orang dari lima. Artinya, tersisa 2 orang.

“Tentu ini menjadi kabar baik dalam penanganan Covid-19 di tempat kita, karena sudah lebih dari seminggu ini ODP kita cenderung berkurang. Saat ini, sisa ODP 2 orang. Semoga dengan sinergi dan kerjasama semua pihak pandemi ini bisa kita tangani dan segera berakhir,” tutur Muliyanto.

Berdasarkan data di Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Pulang Pisau, pada Senin 20 April, ODP berjumlah 10 orang, dan Minggu (3/5) jumlah ODP sebanyak 2 orang yang berasal dari Kecamatan Kahayan Hilir dan Kecamatan Sebangau Kuala.

Jika ada orang tanpa gejala (OTG) yang bertambah, ia menilai wajar. Saat ini, terdapat penambahan jumlah OTG sekitar dua orang, sehingga totalnya mencapai 102 orang. Penambahan OTG ini berasal dari Kecamatan Kahayan Hilir. Adapun, jumlah OTG yang selesai pemantauan sekitar 26 orang.

Sementara, jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) tercatat sebanyak dua orang yang berasal dari Desa Garantung Kecamatan Maliku dan Desa Tahawa Kecapatan Kahayan Tengah. Saat ini, pasien tersebut masih menjalani isolasi dan perawatan di RSUD Dorys Silvanus, Palangkaraya.

Tercatat, sebanyak lima orang positif Covid-19 yang berasal dari Desa Bawan Kecamatan Banama Tingang, Desa Sigi Kecamatan Kahayan Tengah, Desa Pangkoh Hulu Kecamatan Pandih Batu, Desa Garantung Kecamatan Maliku, dan Desa Mentaren II Kecamatan Kahayan Hilir. Terdapat 1 pasien positif telah sembuh yang berasal dari Desa Bawan, dan empat pasien masih dirawat di RSUD Dorys Silvanus Palangkaraya.

Tim Gugus Tugas Covid-19 hari ini juga telah melakukan pemeriksaan dini berupa screening terhadap 15 orang tenaga kerja di PLTU Buntoi-Pulang Pisau yang berasal dari Pontianak, Kalimantan Barat. (MC. Pulang Pisau/wrdy)