Bunda Paud se-Kecamatan Johan Pahlawan Aceh Barat Resmi Dikukuhkan

Meulaboh - Bunda Paud Kabupaten Aceh Barat Evi Juwinda mengukuhkan Bunda Paud Kecamatan Johan Pahlawan di aula Bappeda Aceh Barat pada Jumat (5/11).

Pengukuhan tersebut turut disaksikan oleh Bupati Aceh Barat Ramli MS didampingi Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Aceh Barat, unsur forkopimcam Johan Pahlawan, para kepala Puskesmas, serta keuchik dalam kecamatan setempat.

Dalam sambutannya, Bunda Paud Kabupaten Aceh Barat Evi Juwinda mengatakan, pengembangan Paud di setiap kecamatan dan gampong sangat penting dalam mendorong kecerdasan anak Bangsa sebagai calon pemimpin di masa yang akan datang

Ia menuturkan, Paud ibarat seperti membangun sebuah bangunan yang kokoh, dimana pondasi menjadi bagian paling penting dalam membentuk karakter anak sejak dini.

Untuk itu, dirinya meminta kepada seluruh stakeholder baik di tingkat kecamatan dan desa agar dapat memberikan perhatian khusus terhadap pengembangan Paud di wilayahnya masing-masing termasuk dalam hal alokasi anggaran.

Menurutnya, tanpa adanya alokasi anggaran yang memadai, pengembangan Paud di desa bisa terhambat karena kurangnya fasilitas serta sarana dan pra sarana yang dibutuhkan untuk menunjang proses pembelajaran pada anak.

Oleh sebab itu, kata dia, setiap desa harus dapat membangun minimal 1 tempat untuk dijadikan pusat pendidikan Paud di desanya masing-masing melalui anggaran dana desa yang dimiliki.

Evi menjelaskan bahwa pendidikan Paud dimulai sejak anak berusia 0 sampai 6 tahun. Dalam rentang usia tesebut, anak harus menerima hak hak esensialnya seperti Pendidikan, pelayanan kesehatan dan perawatan, perlindungan pengasuhan dan kesejahteraan, yang merupakan dasar dalam pengembangan program Pendidikan Anak Usia Dini Holistic Integeratif (PAUD HI).

Ia berharap Pokja Bunda Paud binaan Kabupaten Aceh Barat tersebut bisa maju dan berkembang menjadi Paud Holistik Integratif (HI) dengan memenuhi hak dan kebutuhan esensial anak yang beragam dan saling terkait secara simultan, sistematis, dan terintegrasi.

"Untuk menenuhi hal tersebut perlu ada kerjasama dan koordinasi yang baik antara satuan Paud, guru, para orangtua, masyarakat serta pemerintah guna menyukseskan berbagai program-program Paud khususnya di Kecamatan Johan Pahlawan ini.," pungkasnya.