Parade Of Nation Tradisi IAWP Selama 58 Tahun

Labuan Bajo - Parade Of Nations (Parade Negara) adalah salah satu tradisi yang selalu dilaksanakan selama 58 tahun rangkaian kegiatan International Association of Women Police (IAWP).

Polwan RI bangga karena Indonesia dipercaya sebagai Tuan Rumah perhelatan Konferensi Polwan Internasional ini yang diselenggarakan di Bumi Komodo Labuan Bajo Manggarai Barat NTT, Sabtu (6/11)

Peserta yang mengikuti Parade ini berjumlah 400 orang, terdiri dari 200 orang peserta partisipan dari 37 negara, termasuk Indonesia. Kemudian 200 orang lainnya terdiri dari Tim Marching Band dari SMAK Ignatius Loyola, SMP Arnoldus, dan Pembawa Bendera yakni Para Pemuda Pemudi Paguyuban di wilayah Manggarai Barat.

Parade ini dibuka secara langsung oleh Kepala Devisi Hubungan Internasional (adivhubinter) Polri Irjen Pol Johni Asadoma dan didampingi oleh Wakapolda Kalteng Brigjen Pol Ida Oetari, Karojianbang Lemdiklat Polri Brigjen Pol Juansih, Kapusjarah Polri Brigjen Pol Apriastini Bakti Bugiansri dan Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi. Disaksikan para partisipan dari negara lain. Dan disambut meriah oleh seluruh masyarakat Labuan Bajo.

“Konferensi Polwan Internasional ini adalah suatu acara Polwan Internasional yang dilaksanakan setiap tahun. Dan ini adalah konferensi yang ke 58. Kita boleh berbangga bahwa kegiatan ini dilaksanakan di Indonesia, khususnya Labuan Bajo, NTT. Ini suatu berkah yang luar biasa”, ujar Kadivhubinter Polri.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan mematuhi protokol kesehatan, yakni tetap menjaga jarak dan memakai masker. Parade ini dilaksanakan berjalan mengelilingi kota Labuan Bajo dengan menggunakan Seragam Kebesaran Kepolisian dari negaranya masing-masing, juga diiringi oleh Drum Band serta Bendera sebagai Lambang Negara masing-masing yang di bawakan oleh paguyuban yang ada di Labuan Bajo.