Wali Kota Banjarmasin: Inovasi Tingkatkan Pelayanan Publik

Banjarnasin - Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina mengatakan, semakin banyak inovasi dan gagasan yang dilakukan secara kolaborasi dapat meningkatkan pelayanan publik sehingga lebih cepat, mudah dan nyaman.

Hal itu dikatakan Ibnu Sina, saat menghadiri Kegiatan Diseminasi Kajian Sungai dari hasil-hasil kelitbangan sekaligus menyerahkan penghargaan kepada para pemenang lomba Inovasi Daerah tahun 2021 di Aula Kayuh Baimbai Balai Kota Banjarmasin, Senin (8/11).

"Dan itu Trans Banjarmasin kita bisa menjadi fider BLT. Pelibatan bagi semua pihak agar pembangunan itu harus kita wujudkan makanya sejak semula ya kita launching program smart city Banjarmasin di 2018," tambah Ibnu Sina.

"Sebaiknya Sinergi kolaborasi kolaborasi pentahelix lima aktor pembangunan harus saling bersinergi ABC GM, Akademisi, kemudian bisnis usaha , komunitas komunitas itu bisa dalam bentuk komunitas komunitas juga bisa dalam bentuk warga kota citizen, netizen, kemudian yang keempat government pemerintah kota. dan kemudian yang kelima media masa, ini harus terlibat dalam faktor pembangunan secara pentahelix. dan kalau sekarang tambah satu lagi financial. Sektor untuk yang pexahelix-nya itu gagasan-gagasan yang muncul," sambung Ibnu Sina.

Kemudian, Ibnu Sina mengucapkan terima kasih kepada seluruh aspek yang telah berkontribusi dalam visi misi Baiman 1-2 dalam membangun Kota Banjarmasin melalu masukan-masukan dan ide gagasan terhadap pemerintah daerah.

"Terima kasih banyak karakteristik potensi kearifan lokal Sungai Banjarmasin ini sangat selaras dengan visi Banjarmasin baiman Banjarmasin barasih Wan nyaman dan lebih bermartabat dan belum yakin kita bisa kalau kita bersama-sama sesuai dengan semboyan Banjarmasin kayu gotong-royong," pungkasnya.

Adapun nama-nama pemenang Lomba Inovasi Daerah 2021 Kota Banjarmasin, sebagai berikut:

1. Juara I

-Inovasi: Mini IPAL (Instalasi Pengolahan Limbah Cair) Industri Sasirangan Dengan Metode Netralisasi dan Elektrokoagulasi

-Inovator: Yahdha Rindu

-Kategori Peserta / Asal Instansi: Aparatur Sipil Negara / Puskesmas Alalak Tengah Kota Banjarmasin

2. Juara II

-Inovasi: Inovasi Mengantar Izin Tanpa Biaya (MANTAB)

-Inovator: Putri Sri Rezky, S. E., M.M.

-Kategori Peserta / Asal Instansi: Aparatur Sipil Negara / Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Banjarmasin

3. Juara III

-Inovasi: Pemantauan Pasien Covid-19 oleh Dokter Melalui Aplikasi "Manten Covdok"

-Inovator: dr. Tuti Alawiyah

-Kategori Peserta / Asal Instansi: Aparatur -Sipil Negara / Puskesmas Kayu Tangi Kota Banjarmasin

4. Juara Favorit

-Inovasi: Gerakan Sadar Kesehatan Jiwa Dengan Pelacakan, Informasi dan Asuhan (Gasan Pian)

-Inovator: dr. Muhammad Bimo Harmaji

-Kategori Peserta / Asal Instansi: Aparatur Sipil Negara / Puskesmas Karang Mekar Kota Banjarmasin

5. Juara Kategori Pilihan

-Inovasi: Inovasi Desain Taman Pada Komplek Perumahan Dengan Menggunakan Metode Kontruksi Panggung Dalam Upaya Meningkatkan Daerah Resapan Air

-Inovator: Rosalinda Wardhani, ST.

-Kategori Peserta / Asal Instansi: Aparatur Sipil Negara / Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Pemerintah Kota Banjarmasin

6.Juara I

-Inovasi: Majelis.Id (Platform Online Penyebaran Informasi Majelis Ta'lim di Kota Banjarmasin)

-Inovator: Muhammad Sultan Hasan Saputra

-Kategori Peserta / Asal Instansi: Umum

7. Juara II

-Inovasi: Platform RumahSinggahID

-Inovator: M. Budi Rahman Wahid

-Kategori Peserta / Asal Instansi: Umum

8. Juara III

-Inovasi: Pusat Pembinaan Anak Jalanan (PPAJ)

-Inovator: Muhammad Algi Rifani

-Kategori Peserta / Asal Instansi: Umum.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Sekdakot Banjarmasin Sugito Said, Kepala Disperkim Ahmad Fanani Syaifuddin, dan Kepala Dinas Kominfotik Kota Banjarmasin Windiasti Kartika, serta para undangan secara offline dan virtual.