Sekdakab Cirebon Ajak ASN Tanamkan Nilai-nilai Akhlak

Cirebon - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Cirebon Rahmat Sutrisno mengajak semua aparatur sipil negara (ASN) untuk menanamkan nilai-nilai Akhlak dalam pelayanan terhadap masyarakat.

Hal tersebut disampaikan saat acara Sosiaslisasi Budaya Kerja dan Core Values (Nilai-nilai Dasar ) ASN Ber-Akhlak di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Cirebon di Hotel Apita, Kecamatan Kedawung, Selasa (9/11).

Menurut Rahmat, kegiatan ini dalam rangka penguatan budaya kerja ASN sebagai salah satu strategi transformasi untuk menuju  pemerintah berkelas dunia.

"Pak Presiden Jokowi sudah meluncurkan Core Velues dan Employer Branding Aparatur Sipil Negara  tentang  nilai dasar ASN untuk berakhlak serta bisa menjadi pondasi bagi seluruh PNS untuk mengabdikan diri untuk negara dan masyarakat," ujar Sekda Rahmat.

Rahmat mengajak seluruh ASN akan memprioritaskan pelayanan kepada masyarakat. Sebab jatidiri seorang ASN yakni pelayan publik.

"Saya mengajak kepada para ASN supaya  kembali fokus pada tugas dan fungsinya di dalam pekerjaan.  Kedepan ASN harus berkembang,  sehingga  ASN akan bangga karena bisa melayani masyarakat dengan baik," ujarnya.

Ia mengungkapkan, selain pelayan publik, ASN juga harus mempunyai jiwa harmonis dan loyal kepada pemerintah dan perundang-undangan yang berlaku.

Selain itu, kata Rahmat, dalam menjalankan pemerintahan,  setiap lembaga atau perangkat daerah  mempunyai peran, tugas dan fungsi masing-masing.

"Misalkan sampah berserakan dimana-mana itu merupakan tugas dari DLH, dan jalan rusak yang selama ini dikeluhkan oleh masyarakat dan itu tugas dari PUPR, mari kita fokus sama tugas kita masing-masing agar semua capaian target di 2024 menjadi tercapai karena ini merupakan prestasi ke depan dan suatu pembangunan di Kabupaten Cirebon," pungkasnya.