Wali Kota: Jadikan Hari Pahlawan Spirit Bangun Banjarmasin

Banjarmasin - Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina memimpin upacara peringatan Hari Pahlawan 10 November di halaman Balai M

Kota Banjarmasin, Rabu (10/11). Kegiatan tersebut dihadiri oleh Forkopimda Kota Banjarmasin dan diikuti oleh pimpinan SKPD lingkup Pemerintah Kota Banjarmasin.

Ibnu Sina memaparkan, peringatan Hari Pahlawan untuk mengingat perjuangan para pejuang serta mendoakan para mereka yang telah gugur.

"Selamat Hari Pahlawan 10 November 2021 "Pahlawanku Inspirasiku". Ini menjadi spirit bagi kita untuk terus membangun kota Banjarmasin yang Baiman Barasih wan Nyaman," ucap Ibnu Sina.

Ibnu Sina mengatakan, Hari Pahlawan bagi Kota Banjarmasin bukan hanya pada 10 November saja, akan tetapi 9 November juga menjadi Hari Pahlawan, kendati demikian makna perjuangannya tidak beda.

"Di Kota Banjarmasin Hari Pahlawan diperingati dua kali yakni 9 November di Banjarmasin, kemudian 10 November adalah peringatan Hari Pahlawan di Surabaya. Peristiwanya berbeda tapi tidak mengurangi semangat dan nilai-nilai luhur, patriotisme," ungkap Ibnu Sina.

Kemudian, Ibnu Sina menuturkan perjuangan selanjutnya yakni berjuang melawan kebodohan dan kemiskinan ditambah lagi situasi pandemi COVID-19 untuk saling bersinergi keluar dari pandemi dengan terus menerapkan protokol kesehatan.

"Untuk kita bisa keluar dari pandemi dan perjuangan kita sangat berat menghadapi bangsa sendiri kemiskinan, kebodohan dan lain sebagainya," tutur Ibnu Sina.

Selain itu, dirinya berharap kepada generasi melinial bukan kolonial untuk terus mempunyai semangat juang dan terus belajar sejarah agar lebih mengenal pahlawan yang nyata bukan hanya pahlawan yang fantasi.

"Ya mudah-mudahan generasi milenial generasi muda kita bisa mengambil spirit para pahlawan lebih kenal dengan pahlawan-pahlawan kita, tidak hanya kenal pahlawan fantasi aja tapi yang real pahlawan Indonesia khususnya dari Kalimantan Selatan banua kita Pangeran Antasari Hasan Basri juga dikenal perjuangannya," harap Ibnu Sina.

Dirinya menambahkan pahlawan merupakan sosok pejuang yang rela mengorbankan jiwa dan raganya demi ibu pertiwi.

"Pahala wan orang yang berpahala karena jasa-jasanya," pungkasnya.

[video width="512" height="288" mp4="https://www.antaradigital.com/wp-content/uploads/2021/11/Momentum-Hari-Pahlawan-Spirit-Membangun-Kota-Banjarmasin-10-November-2021_2.mp4"][/video]

[video width="1024" height="576" mp4="https://www.antaradigital.com/wp-content/uploads/2021/11/Momentum-Hari-Pahlawan-Spirit-Membangun-Kota-Banjarmasin-2_2.mp4"][/video]