Bupati Ngawi Jadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Pahlawan

Ngawi - Pemerintah Kabupaten Ngawi, Jawa Timur, menggelar upacara peringatan Hari Pahlawan dengan Inspektur upacara Bupati Ngawi Ony Anwar Harsono di halaman Pendopo Wedya Graha, Rabu (10/11).

Upacara peringatan Hari Pahlawan Nasional ini  dihadiri Forkopimda, pejabat lingkup Pemkab Ngawi dan diikuti ASN, anggota TNI dan Polri.

Menteri Sosial RI Tri Rismaharini dalam amanatnya yang dibacakan bupati Ngawi menyampaikan bahwa semangat, tekad dan keyakinan pahlawan harusnya mampu menginspirasi dan menggerakkan semuanya dalam mengemban misi bersejarah mengalahkan musuh bersama yang sesungguhnya yakni kemiskinan dan kebodohan dalam arti luas, seperti tema Hari Pahlawan tahun ini "Pahlawanku Inspirasiku”.

“Kita mempunyai potensi besat dalam memenangkan peran melawan kemiskinan dan kebodohan. Karena Indonesia mempunyai sumber daya alam yang melimpah dan letak geografis yang strategis,” kata Risma yang disampaikan bupati Ngawi.

Namun, menurut Risma, untuk menjawab tantangan saat ini yang dibutuhkan adalah kerja keras secara berkelanjutan dengan dukungan inovasi, kreativitas tinggi serta semangat kewirausahaan yang pantang menyerah.

“Disebutkan dalam 20 tahun mendatang (2020-2040) kita akan memasuki “bonus demografi”, yaitu periode dimana angka dependency ratio mencapai angka minimal. Dalam periode ini akan terdapat lebih banyak tenaga kerja produktif yang bermanfaat untuk memenangkan perang melawan kemiskinan dan kebodohan,” tandas mensos.

Memaknai tema Hari Pahlawan tahun ini, Ony Anwar mengatakan bahwa tema Pahlawanku Inspirasiku sebagai semangat juang bagi generasi penerus dalam melaksanakan tugas yang diemban.

“Seperti implementasi dalam kontribusi menangani pandemi COVID-19,” ujar bupati Ngawi ditemui usai upacara.